Wisnu Wijaya Salurkan Bantuan Instalasi Air Bersih

SIMBOLIS: Anggota DPR RI Dapil Jateng I Wisnu Wijaya saat menyerahkan bantuan instalasi air bersih dan toren air di Kabupaten Semarang, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng­ – Anggota DPR RI Dapil Jateng I Wisnu Wijaya berupaya mengatasi krisis air bersih akibat kemarau. Upaya itu diwujudkan dengan menyalurkan bantuan instalasi air bersih yang terdiri dari mesin pompa air, pipa, toren kapasitas 1.000 liter, dan alat penjernih air.

Wisnu Wijaya mengatakan, sebanyak 10 set perangkat instalasi itu diterjunkan ke 10 titik di Dapil Jawa Tengah I yang mengalami krisis air bersih akibat kekeringan. Bantuan tersebut diperoleh hasil kerjasama Kementerian Sosial RI dengan Komisi VIII DPR untuk mengatasi dampak kekeringan di sejumlah daerah di Jawa Tengah.

“Meskipun di sejumlah tempat telah memasuki musim hujan, namun di sejumlah daerah seperti di Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal dan di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang masih dapat kami temukan sejumlah warga di beberapa dusun mengalami kesulitan mengakses air bersih. Sehingga mereka terpaksa mengantre untuk memperoleh air dari sumber mata air yang jumlahnya terbatas,” terang Wisnu usai penyerahan bantuan di Kabupaten Semarang, Jumat (5/1).

Baca juga:  Berantas DBD, KKN Posko 41 UIN Walisongo Gelar Pemeriksaan Jentik Nyamuk di Kelurahan Pedurungan Kidul Semarang

Wisnu yang kembali ditugaskan menjadi Caleg PKS DPR RI Dapil Jateng I ini mengungkapkan bahwa kualitas air tanah yang diperoleh sebagian warga juga cukup memprihatinkan. “Beberapa sumber mata air yang tersedia tidak semuanya layak konsumsi, karena airnya keruh. Untuk itu, kami sertakan alat penjernih air, selain mesin pompa, pipa, dan toren untuk menampung air dan memastikan air layak untuk dikonsumsi,” tuturnya.

Anggota Komisi VIII DPR itu menuturkan, sejumlah titik di dapilnya yang mengalami krisis air bersih di antaranya Dusun Grenjeng dan Tempel di Desa Siwal, Dusun Karangombo Desa Polobogo Kabupaten Semarang, Dukuh Sidodadi Desa Sumberrejo Kecamatan Kaliwungu Kendal, dan Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal.

Baca juga:  Berantas DBD, KKN Posko 41 UIN Walisongo Gelar Pemeriksaan Jentik Nyamuk di Kelurahan Pedurungan Kidul Semarang

“Krisis air ini terjadi di banyak titik dalam satu desa dengan jumlah KK lebih dari 100. Hal itu membuat sumberdaya yang kami miliki sekarang untuk membantu besarnya kebutuhan warga jadi terbatas. Untuk itu, kami berencana menerjunkan kembali lebih banyak bantuan yang bisa kita akses ke pemerintah. Seperti suplai air bersih dan instalasi air bersih dalam waktu dekat,” jelas Wisnu.

Sementara itu, anggota Karang Taruna Desa Siwal Kabupaten Semarang Bangun Yunianto menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Wisnu Wijaya dan Kemensos RI. Khususnya atas perhatiannya terhadap warga di desanya yang mengalami kesulitan air bersih.

Baca juga:  Berantas DBD, KKN Posko 41 UIN Walisongo Gelar Pemeriksaan Jentik Nyamuk di Kelurahan Pedurungan Kidul Semarang

“Kami sangat bersyukur dengan hadirnya bantuan ini, karena air menjadi kebutuhan utama warga di sini. Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat, dan warga setempat akan memastikan bantuan ini akan menjadi aset yang dirawat bersama,” pungkasnya. (hms/all)