Pati  

3 Proyek Besar di Pati Diselesaikan di 2023

SEREMONI: Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat meresmikan gedung senam, yang menjadi salah satu proyek besar yang ditangani Bidang Cipta Karya pada DPUTR Kabupaten Pati, tahun lalu. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Tiga proyek besar telah diselesaikan oleh Bidang Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati di tahun 2023. Ketiga proyek tersebut yakni pembangunan Makodim Pati, penataan lahan parkir di makam Syekh Jangkung Kayen, dan Gedung Senam.

Kepala Bidang Cipta Karya pada DPUTR, Arif Wahyudi   merincikan, pembangunan Makodim Pati selesai pada September 2023. Di mana proyek itu mulai dikerjakan sejak April 2023 dengan Pagu anggaran sebesar Rp 5,8 miliar.

“Pembangunan Makodim dikerjakan April hingga September. DED (Detail Engineering Detail) nya itu ikut tahun 2023,” jelasnya, belum lama ini.

Baca juga:  Terkait Jabatan Pj Bupati, DPRD Pati Belum Dapat Petunjuk dari Pusat

Arif menyampaikan bahwa pekerjaan gedung markas TNI Pati ini sempat mengalami kendala hingga molor 10 hari. Namun menurutnya, hal itu tidak menjadi masalah karena saat ini pembangunannya sudah selesai.

Sedangkan penataan lahan parkir kompleks makam Syekh Jangkung rampung pada November 2023. Proyek yang dimulai Juli 2023 itu dilaporkan selesai tepat waktu.

Namun, lanjut Arif, ada penambahan anggaran sisa tender untuk pengerjaan plafon. Di mana, pengerjaan penataan lahan parkir Syekh Jangkung tersebut menggunakan pagu sebesar Rp 1 miliar.

“Pembangunan Syekh Jangkung dimulai Juli hingga November. Tetapi ada penambahan pekerjaan diberi waktu tambahan 20 hari untuk pengerjaan plafon. Karena awalnya anggarannya gak cukup hanya Rp 1 miliar. Kemudian ada sisa tender 10 persen penawaran dipakai,” terangnya.

Baca juga:  Kades Deklarasi Dukungan, Dispermades hanya Keluarkan Surat Imbauan

Sementara pembangunan hall atau gedung senam selesai pada Juli 2023 lalu. Adapun pagunya sebesar Rp 2,9 miliar dengan paket kontrak Rp 2,6 miliar. (lut/fat)