KPU Pemalang Dorong Perekaman E-KTP bagi Pelajar

SERU: Beberapa siswi salah satu SMA di Pemalang saat mengikuti upacara bendera di sekolah mereka, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Besarnya potensi pemilih pemula di Kabupaten Pemalang yang belum melakukan perekaman E-KTP, jadi perhatian KPU Pemalang untuk mendorong satuan pendidikan dan Disdukcapil melaksanakan perekaman langsung di sekolah. Hal ini agar mereka bisa memberikan hak suaranya saat hari pencoblosan 14 Februari mendatang.

Ketua Komisioner KPU Pemalang Agus Setiyanto menjelaskan, program perekaman E-KTP dari Disdukcapil sebenarnya sudah ada dan sering dilaksanakan ke sekolah-sekolah. Namun pada pelaksanaannya, para siswa SMA enggan ikut proses perekaman, karena sebagian besar dari mereka tidak ingin foto E-KTPnya nanti dilakukan dengan mengenakan seragam.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Siapkan 14 Hewan Kurban

Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif mempertemukan Disdukcapil bersama seluruh kepala SMA, SMK, dan MA di Pemalang untuk lebih melonggarkan pelaksanaan perekaman di sekolah.

“Terutama yang perempuan mereka kebanyakan tidak mau kalau foto E-KTP menggunakan seragam sekolah. Jadi kita inisiatif agar sekolah bisa memberi kelonggaran kepada siswa. Jadi praktiknya nanti siswa boleh membawa baju ganti untuk sesi perekaman, setelah itu ganti menggunakan baju seragam,” ujarnya.

Berdasarkan data, sebagian besar remaja yang telah mempunyai usia 17 tahun masih belum melaksanakan perekaman E-KTP, baik di kantor kecamatan maupun langsung ke Disdukcapil. Sehingga dengan pelaksanaan serentak di sekolah dan pelonggaran aturan ini diharapkan bisa mempermudah mereka.

Baca juga:  Bupati Mansur: Rehabilitasi Narkoba Jadi Hal Serius

Harapannya ketika sudah melakukan perekaman, para remaja ini bisa langsung mendaftarkan diri di kelurahan atau desa untuk di data sebagai pemilih khusus. Sehingga mereka tetap bisa memberikan hak suara walaupun tidak terdaftar pada Data Pemilih Tetap (DPT).

“Yuk laksanakan pemilu gunakan hak pilih kalian karena ini akan menentukan masa depan Indonesia. Jadi silakan lakukan perekaman E-KTP agar hak pilih kalian bisa didapatkan,” imbaunya. (fan/abd)