Pati  

Ratusan Surat Suara DPR RI Rusak

SUASANA: Proses pelipatan surat suara di gedung KPU Pati, Selasa (9/1/24). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Ratusan surat suara yang akan digunakan dalam pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Kabupaten Pati mengalami kerusakan. Penemuan kerusakan surat suara tersebut setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati melakukan penyortiran dan pelipatan.

Lebih dari satu juta surat suara pemilihan DPR RI yang telah disortir dan dilipat sejak Kamis (21/12/2023) hingga akhir Desember itu. Dalam penghitungan itu ditemukan sekitar 240 di antaranya mengalami kerusakan seperti surat suara sobek.

“Surat suara yang rusak hingga akhir Desember kemarin. Sekitar 240 surat suara DPR RI,” ujar Ketua KPU Pati, Supriyanto, Selasa (9/1/24).

Baca juga:  Inspektorat Sebut Ada Temuan di Desa Langse

Terkait penemuan kerusakan surat suara itu, KPU Pati telah melaporkan kepada KPU Provinsi Jawa Tengah. Sementara saat ini pihaknya beralih melakukan pelipatan surat suara DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Sekitar 275 tenaga kerja dilibatkan dalam proses ini. Sebanyak 10 di antaranya merupakan penyandang disabilitas.

“Untuk proses pelipatan kedua ini mulai Senin (8/1) hingga 15 hari ke depan. Target surat suara DPRD Provinsi yakni empat hari tampung. Kemudian dilanjutkan, DPRD Kabupaten dan calon presiden,” ungkapnya.

Salah satu penyandang disabilitas yang mengikuti pelipatan itu yakni, Dimas Abdillah. Penyandang tunadaksa ini mengaku setiap harinya menemukan surat suara rusak.

Baca juga:  Pedagang di Pasar Sleko 2 tak Berjualan

“Surat suara robek dan cacat itu menjadi kendala. Karena tidak dapat hitungan. Hari ini menemukan dua robek. Biasanya 3-4 surat suara robek,” beber dia.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pati mendapatkan jatah 6.378 koli dan lembarannya 3.186.686 lembar surat suara Pemilihan Legislatif (Pileg) baik DPR RI, DPRD Kabupaten Pati dan DPRD Jawa Tengah. Hal itu belum termasuk surat suara DPD maupun Pilpres.

Sementara, Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 1.037.584 pemilih. Angka tersebut mengalami kenaikan dibandingkan pada Pemilu sebelumnya. Pada tahun 2019 jumlah DPT Pati sebanyak 1.034.791 pemilih. (lut/fat)