RSUD dr R Soetrasno Rembang Siapkan Layanan Pemasangan Ring Jantung

CEK: Bupati Rembang Abdul Hafidz saat melakukan kunjungan untuk memantau layanan kesehatan di salah satu faskes di Rembang, Selasa (9/1/24). (PEMKAB REMBANG/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan untuk masyarakat. Dari segi infrastruktur fasilitas kesehatan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

Pada 2023, Pemkab Rembang membangun gedung Puskesmas Lasem. Setelah di tahun- tahun sebelumnya merevitalisasi puskesmas di 13 kecamatan. Tak tanggung-tanggung, anggaran Rp 9,7 miliar digelontorkan untuk membangunan gedung Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kota Pusaka Lasem itu.

Selain merevitalisasi puskesmas Lasem, selama 2023 Pemkab juga merehabilitasi 24 puskesmas pembantu, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan gudang farmasi senilai Rp 5,08 miliar. Kemudian pemeliharaan Puskesmas Kragan Rp 195,88 juta, pembangunan gedung serba guna Puskesmas Pamotan. Serta  pembangunan 11 tempat pembuangan sampah B3 Rp 2,15 miliar.

Baca juga:  Karya Seni: Edisi Gareng Menyandang Gelar Sarjana

Untuk rumah sakit dr. R. Soetrasno juga banyak melakukan inovasi dan penambahan fasilitas layanan. Inovasi layanan pengantaran obat dalam satu tahun ini sebanyak 2.466 kali. Selain itu juga ada pengantaran pulang pasien gratis dilakukan 8.712 kali selama 2023.

Dalam Upaya mengimplementasikan Kebijakan Nasional Transformasi Kesehatan, RSUD dr. R. Soetrasno Rembang juga telah menyiapkan layanan kanker, jantung, stroke dan uronefrologi atau KJSU. Hal tersebut juga bertujuan untuk mendekatkan akses masyarakat Rembang terhadap layanan kemoterapi, jantung, stroke, urologi dan hemodialisa.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan setelah dibangunnya Puskesmas Lasem, kondisi semua puskesmas di Rembang sudah baik. Pihaknya akan terus memperbaiki sistem layanan kesehatan masyarakat.

Baca juga:  Dinpermades Catat PAD Tinggi Kabupaten Rembang Berkat BUMDes

“Pelayanan kesehatan kita terus arahkan untuk diperbaiki baik dari lembaganya, sistemnya maupun teknis operasionalnya. Ada inovasi, alhamdulillah, rumah sakit dan  17 puskesmas sudah baik semua, ” tutur Bupati.

Semantara untuk 2024 ini, RSUD akan meningkatkan pelayanan jantung. Dengan membuka layanan kateterisasi atau pemasangan ring jantung.

RSUD juga telah membeli peralatan untuk mendukung pelayanan tersebut. Diantaranya Catheterization laboratory/cathlab dan peralatan pendukungnya. Seperti injector, defibrillator dan dilengkapi dengan UPS.

Saat ini RSUD dr. R. Soetrasno Rembang sedang mempersiapkan Pendidikan fellowship kateterisasi jantung untuk dokter spesialis jantung dan perawat. Ditargetkan layanan ini operasional pada semester II tahun 2024.

Baca juga:  Dishub Rembang Soroti Daerah Rawan Kecelakaan

“Untuk gedung dan pendidikan fellowship in process. Sedangkan alat- alat untuk pemasangan ring jantung sudah siap,” tambah Kasi Informasi RSUD dr.R.Soetrasno Rembang. (hms/fat)