Pati  

Bawaslu Pati Tertibkan Belasan Ribu APK

PENERTIBAN: Nampak para petugas sedang menertibkan sejumlah APK yang melanggar, belum lama ini. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pati mulai menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar aturan. Ada belasan ribu APK yang telah diterbitkan.

Ketua Bawaslu Pati, Supriyanto mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pengamatan sejak 28 November 2023 lalu. Alhasil ada 12.547 APK yang dinilai menyalahi aturan.

“Hari ini (kemarin, Red) kami mulai menertibkan APK yang melanggar peraturan perundang-undangan. Proses ini merupakan langkah kami setelah melakukan  pengawasan sejak masa kampanye dimulai kemarin,” ungkapnya.

Hasil temuan Bawaslu Pati tersebut kemudian akan disimpan. Selanjutnya nanti akan digunakan sebagai bukti pelanggaran pemasangan spanduk dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Baca juga:  Pedagang di Pasar Sleko 2 tak Berjualan

Supriyanto menambahkan, sebelum melakukan penurunan pihaknya telah memberi batasan waktu. Yakni hingga 9 Januari untuk membersihkan secara mandiri.

Namun hingga tenggat waktu yang ditentukan, lanjut dia, sejumlah APK masih melanggar aturan pemasangan. Mulai terpasang di jembatan, sekolahan, instansi pemerintah, tempat ibadah hingga terpaku di pohon.

“Di tanggal 10 Januari ini kami menemukan APK yang belum sesuai. Makanya  kami bantu untuk menertibkan,” pungkasnya. (lut/fat)