Bawaslu Pemalang Dorong KPU Pentingkan Kualitas Surat Suara

AWASI: Ketua Komisioner Bawaslu Pemalang Sudadi (putih) saat mengecek surat suara pada proses pelipatan di gudang Surat Suara KPU Pemalang, Rabu (10/1/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Hari keempat pelaksanaan pelipatan Surat Suara oleh KPU Kabupaten Pemalang masih terus berlangsung. Ada dua jenis surat suara yang telah selesai dilipat, yaitu surat suara presiden dan DPD. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pemalang yang mengawasi langsung pelaksanaannya mendorong KPU agar tidak terlalu cepat melakukan pelipatan, dan lebih mengedepankan kualitas surat suara.

Ketua Komisioner Bawaslu Pemalang Sudadi mengatakan, dalam pelipatan, petugas tidak perlu tergesa-gesa pada saat melipat surat suara. Hal ini karena menurutnya kualitas lipatan lebih diutamakan dibandingkan kecepatan pelipatan, sehingga potensi surat suara rusak dapat diminimalisir jumlahnya.

Baca juga:  Perkuat Sinergi Media dan Pemkab

“Saya tekankan KPU Kabupaten Pemalang agar tidak menekan para petugas pelipatan untuk mempercepat pelipatan. Sebab, kita butuh hasil lipatan yang sempurna. Ketika lebih hati-hati, pasti petugas bisa menyortir lebih teliti dan hasilnya pun rapi,” ucapnya.

Dari hasil proses pelipatan sebelumnya, para petugas membutuhkan waktu dua hari untuk melipat satu jenis surat suara. Hal ini dimaklumi oleh Bawaslu Pemalang, karena mereka harus teliti di setiap ujung surat suara apakah memiliki kotoran, tinta, salah cetak atau miring.

Untuk pelaksanaan yang lebih baik, pihaknya akan terus melakukan pengawasan proses tersebut hingga selesai. Estimasi waktu seluruh surat suara bisa dilipat selesai dari KPU Pemalang sekitar 10 hari, dan Bawaslu berharap tidak ada surat suara rusak yang luput dalam pengawasan KPU.

Baca juga:  Bupati Pemalang Minta Kepala Sekolah Tancap Gas

“Silakan hati-hati gunakan waktu sebaik mungkin untuk menyortir setiap lembar surat suara. Kita masih ada waktu satu bulan menuju hari pencoblosan pasti proses pelipatan selesai sebelum hari itu,” ungkapnya. (fan/abd)