Hujan Deras Akibatkan Longsor di Sale

CEK: Wabup Rembang, Mohammad Hanies Cholil Barro’ bersama Kepala BPBD Kabupaten Rembang, Sri Anjarwati, Camat Sale Imron, Baznas, PMI, TNI, Polri dan Banser meninjau lokasi longsor, Rabu (10/1/24). (PEMKAB REMBANG/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Tanah longsor terjadi di Desa Pakis, Kecamatan Sale, Rabu (10/1) pagi. Talud sepanjang kurang lebih 16 meter tersebut longsor menimpa rumah dan kandang milik Sapuan.

Longsor diduga karena dipicu hujan deras yang terjadi pada Selasa malam (9/1). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Wakil Bupati Rembang, Mohammad Hanies Cholil Barro’ bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, Sri Anjarwati, Camat Sale Imron, Baznas, PMI, TNI, Polri dan Banser meninjau lokasi longsor. Mereka bergotong royong membantu membersihkan material longsoran.

Baca juga:  78 Mahasiswa IPB KKN Tematik di 10 Desa di Rembang

Wabup Hanies mengatakan pihaknya akan bergerak cepat merehabilitasi area sekitar longsor. BPBD akan menghitung berapa kebutuhan penanganan tanah longsor ini. Termasuk pembuatan bronjong.

Dia juga meminta semua pihak untuk bergerak cepat membangun kembali rumah korban, tebing dan kandang yang terkena longsoran. Pendanaan juga akan melibatkan banyak pihak.

”Untuk pendanaannya ada dana desa, APBD, Baznas dan CSR. Kita gerak cepat untuk rehabilitasi rumah korban, tebing dan kandang sapi yang terkena longsor,” tandasnya.

Sementara ini Sapuan warga korban longsor Desa Pakis sementara ini tinggal di rumah menantunya. Ia mengaku bersyukur karena selamat, begitupun dengan sapi miliknya.

Baca juga:  DKP Rembang Berikan Intensif Pendampingan Persiapan Kalamo

Alhamdulillah saat kejadian saya kebetulan pas tidak di rumah, sehingga nggak ada korban. Sapi saya alhamdulillah juga selamat, karena masih ada kayu penyangga yang tidak roboh,” ungkapnya. (hms/fat)