Kudus  

Terus Asah Bakat Siswa melalui Ekstrakurikuler

AKTIVITAS: Tampak beberapa siswa sedang melakukan kegiatan ekstrakurikuler, belum lama ini. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – SMK Assa’idiyyah 2 Desa Mejobo, Kecamatan Mejobo, Kudus terus berupaya mengasah bakat siswa-siswinya. Pengasahan tersebut melalui kegiatan penambahan ekstrakurikuler untuk mereka. Diantaranya, tata boga, rebana, dan voli.

Kepala SMK Assa’idiyyah 2 Kudus, Faridatun menjelaskan, untuk sekolah yang dipimpinnya itu, sebelumnya ada kegiatan ekstrakurikuler wajib. Seperti, pramuka dan pencak silat. Ada juga ekstra tambahan seni teater. Tetapi, hal itu tak berjalan. Karena guru pengampu sedang cuti.

“Kemarin itu sebelumnya ada ekstra pramuka dan pencak silat. Ekstra teater juga ada. Tapi yang ngampu itu sedang cuti melahirkan. Jadi yang berjalan hanya dua ekstra itu saja,” terangnya kepada Joglo Jateng, Kamis (11/1/24).

Baca juga:  Ajang Pamer Potensi Wisata dan Budaya Melalui Jambore Pokdarwis

Menurutnya, ekstra pramuka dan pencak silat sifatnya wajib. Namun, hanya ada beberapa siswa-siswi saja yang ikut berpartisipasi. Sedangkan, untuk ekstrakurikuler yang baru dibentuk, pihaknya sedang melakukan pendataan lebih lanjut.

Sebelumnya, di sekolah tersebut ada pula ekstrakurikuler futsal yang sempat berjalan. Namun, hal itu terhenti karena terkendala pelatih. Pada 2024 ini, pihaknya sedang melakukan pendataan ulang untuk futsal dan voli. Rencananya juga akan diadakan extra modelling.

“Saat ini, kami sedang melakukan pendataan ekstrakurikuler futsal dan voli. Untuk futsal dulu sebenarnya sudah ada, tapi terkendala pelatih. Kini, ada ekstra yang berhubungan dengan modeling,” tukasnya.

Baca juga:  Penjaringan Diperpanjang, Lima Orang Telah Kembalikan Berkas

Dirinya menjelaskan, SMK Assa’idiyyah 2 tersebut saat ini memiliki total siswa sebanyak 169 yang dibagi menjadi tiga kelas dan berbagai jurusan. Ada kelas tata boga dan tata busana. Dilain sisi, bulan depan pihaknya akan menggelar Latihan Dasar Kepimpinan (LDK).

“Bulan depan rencananya ada LDK untuk yang untuk anak-anak osis. Tempatnya didaerah Kecamatan Dawe. Tapi kepastiannya belum terkonfirmasi ulang. Yang ikut kelas 1-2 tergabung dalam pengurus OSIS,” katanya.

Selain itu, ada pula agenda sekolah berupa lomba ketrampilan siswa yang rencananya digelar di akhir Februari 2024. Namun nantinya para siswa terpilih akan mewakili sekolah yang satu jurusan dan kabupaten. Tetapi harus ada seleksi dahulu.

Baca juga:  Ribuan Siswi Diuji Melalui Skill Challenge

“Nanti ada proses seleksinya. Kemudian yang maju di tingkat provinsi. Nantinya ada seleksi dahulu oleh satu jurusan,” pungkasnya. (adm/fat)