Jelang Pemilu, Bawaslu Bantul dan Kepolisian Perkuat Koordinasi

PERTEMUAN: Ketua Bawaslu Bantul Didik Joko Nugroho saat bertemu dengan Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bantul melangsungkan pertemuan dengan Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta, beberapa waktu lalu. Hal itu dilakukan, dalam rangka memperkuat sinergi antara Bawaslu dan kepolisian, menjelang pemilu mendatang.

Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta menyampaikan, terima kasih atas koordinasi yang sudah berjalan sangat baik selama ini. Pertemuan tersebut dilakukan untuk mendiskusikan tentang pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, serta kemitraan dalam sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu).

“Sinergi ini tentu harapannya akan berjalan lebih baik lagi. Sehingga, situasi Bantul selama tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan kondusif,” terangnya.

Baca juga:  Sugeng Tanggapi soal Relokasi Teras Malioboro 2

Menurutnya, Bawaslu dapat mensosialisasikan kepada partai politik (Parpol) atau tim pemenangan serta calon legislatif (Caleg) agar mengurus Surat Tanda Terima Pemberitahuan Kampanye (STPPK), tujuh hari sebelum kegiatan dilaksanakan. Lantaran masih banyaknya peserta pemilu yang mengajukan pemberitahuan kampanye sehari sebelum kegiatan berlangsung.

“Kami mohon Bawaslu ikut menekankan kepada mereka untuk mengikuti mekanisme. Menyampaikan atau memberitahukan peserta pemilu agar berkampanye sesuai dengan peraturan yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bantul Didik Joko Nugroho menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Bantul. Pasalnya telah menerjunkan anggota kepolisian untuk mengamankan kantor Bawaslu. Sekaligus dalam penertiban alat peraga kampanye (APK).

Baca juga:  Sultan HB X Ingatkan Pemkab Gunungkidul Perketat Proses Investasi

“Nanti pada 21 Januari, kami berencana membuat kegiatan yang mengusung tema evaluasi pengawasan kampanye, dengan mengundang parpol. Sehingga harapannya banyak hal yang bisa disampaikan terkait menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di masa pemilu ini,” paparnya.(nik/sam)