RAPIMDA KADIN DIY Dorong Kolaborasi Asosiasi Perekonomian

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Dalam Rapat Pimpinan Daerah (RAPIMDA) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DIY 2023, mendorong semua asosiasi berkolaborasi demi masa depan ekonomi DIY. Pasalnya, dinilai memiliki potensi besar dalam membangun perekonomian yang lebih baik.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan, Indonesia termasuk DIY, telah menghadapi ujian kondisi ekonomi sulit. Namun mampu bangkit kembali, seperti pada masa awal reformasi dan selama pandemi Covid-19.

“Berangkat dari pengalaman tersebut, pertumbuhan perekonomian di wilayah DIY dapat menjadi dasar. Untuk membangun sinergi dan kolaborasi guna mengembangkan ekonomi Jogja,” ungkapnya.

Baca juga:  Manfaatkan Eco Enzyme untuk Komposter

Menurutnya, perekonomian memerlukan jaringan yang luas. Terutama dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat. Asosiasi tidak dapat berdiri sendiri, sehingga kolaborasi menjadi kunci keberhasilan untuk bertahan dalam era kompetitif.

“Melalui hal tersebut, kami mendorong asosiasi untuk berkontribusi dan berpikir bersama pemerintah. Koneksi dengan kabupaten/kota juga menjadi fokus, sehingga pembangunan ekonomi tidak hanya di tingkat makro tetapi juga mikro,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KADIN DIY GKR Mangkubumi menyatakan, pada 2024, KADIN DIY bertekad untuk menjadi bagian dari mahakarya yang mengarah pada Indonesia Emas 2045. Maka sinergi antara dunia usaha dan industri diharapkan dapat menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

Baca juga:  KPU Kota Yogyakarta Segera Lakukan Pleno Penetapan Hasil Kursi Legislatif

“Keistimewaan Jogja diharapkan dapat menjadi contoh pembangunan berkelanjutan yang menghargai keberagaman dan kebudayaan. Serta meningkatkan produktivitas dan daya saing secara inklusif maupun kolaboratif,” imbuhnya.(suf/sam)