Tatang: Dewan akan Terus Dukung Pemkab Pemalang

PEMALANG, Joglo Jateng – Pada pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Eselon II, beberapa waktu lalu, Ketua DPRD Pemalang menyatakan akan terus mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang terutama dalam mencanangkan dan menjalankan program-programnya. Hal ini sebagai wujud kolaborasi antarlembaga (legislatif dan eksekutif) dalam kemajuan dan kemakmuran masyarakat.

Ketua DPRD Pemalang Tatang Kirana menyatakan diri akan mendukung penuh langkah positif eksekutif setelah pelantikan. Ia merasa bahwa Pemkab telah bekerja dengan baik sesuai regulasi pada pelaksanaan seleksi JPTP Eselon II dari awal Desember 2023 hingga pelantikan di Pendopo Kabupaten Pemalang, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  BPKAD Pemalang Masuk 5 Besar Pelaporan PPH Terbaik se-Jateng

“Ini kan pertama kali pasca OTT sebelumnya terjadi di 2022, sehingga jadi catatan penting bagi Pemkab dan alhamdulillah mereka melaksanakannya dengan baik. Semoga masa kelam kemarin tidak terjadi lagi dan seluruh pihak bisa belajar dari kesalahan yang ada. Maka kami (DPRD Pemalang, red) dukung penuh Pemkab,” ujarnya.

Pada momentum tersebut, dirinya menyoroti agar Pemkab bisa melakukan penandatanganan pakta integritas kepada setiap ASN yang ada. Terutama menjelang Pemilu Serentak pada 14 Februari dan Pilkada yang diagendakan pertengahan 2024 nanti, para pejabat harus bersikap netral.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Bantu Renovasi Rumah Tak Layak Huni Milik Suhadi di Desa Tumbal

Di mana sanksi pejabat yang tidak netral menurut ketentuan undang-undang ASN dapat diberhentikan secara tidak hormat jika melanggar. “Catatan kita ketika pelantikan ini pada tahun pemilu, karena rawan terjadi keberpihakan. Sehingga perlu ditekankan untuk seluruh ASN menandakan pakta integritas agar pada pelaksanaan ke depan mereka bisa bersikap netral,” terangnya. (fan/abd)