Figur  

Aprilia, Putri Pendidikan Indonesia 2023 yang Selalu Gaungkan Yogyakarta di Setiap Tugasnya

Aprilya Arum Puspita Sari
Aprilya Arum Puspita Sari. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

MENYANDANG gelar Juara 1 pemilihan Putra Putri Pendidikan Indonesia 2023 merupakan pencapaian terbesar bagi Aprilya Arum Puspita Sari. Mahasiswi Fakultas Hukum (FH) Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta itu, semakin termotivasi menekuni dunia pendidikan.

Aprilia sapaan akrabnya mengaku, perjuangannya hingga meraih prestasi terbaiknya itu tidak instan. Pasalnya, harus mengikuti serangkaian audisi bersama peserta lainnya. Mulai dari tahap interview, penyampaian  visi misi, hingga proses karantina dilakoninya.

“Waktu itu, ada juga ujian tentang pendidikan, termasuk menyampaikan di depan para juri terkait proses pendidikan yang dilakukan di Yogyakarta,” kenangnya.

Dirinya mengisahkan, selain menonjolkan Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan, di depan para juri juga menceritakan tentang keragaman budaya, termasuk ikon pariwisata Yogyakarta, salah satunya Malioboro. Tidak dipungkiri ikon itu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang kembali.

Baca juga:  Perjalanan Aura Putri Maharani: Dari Penyanyi Kafe hingga Bermain di Teater Musikal

“Ketika di Malioboro jangan salahkan jika jatuh cinta dengan tempat itu. Seperti saya sehingga tidak pindah-pindah,” ungkapnya.

Perempuan kelahiran Trenggalek, Jawa Timur ini menyebutkan, para Putra Putri Pendidikan Indonesia juga akan menjalankan program belajar mengajar ke daerah-daerah terpencil di Indonesia, selama 3 bulan sekali. Selain itu, mereka dituntut lebih kritis dalam hal pendidikan, baik di DIY atau pendidikan di daerah terpencil.

Di samping itu, mereka akan menggandeng dan bekerjasama dengan sekolah inklusi di seluruh Indonesia, untuk kedepannya semakin mengembangkan secara bersama-sama pendidikan di sekolah tersebut. “Bagaimana buat kita lebih peduli lagi tentang sekolah inklusi dan agar lebih setara lagi dengan anak-anak normal lainnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Ide Budaya Wayang bawa Kayla Juara Nasional

Dalam setiap tugasnya sebagai Putri Pendidikan Indonesia, ia mengaku selalu membawa Yogyakarta, baik dari segi promosi, budaya, maupun pariwisata. Hal itu menjadi bukti kecintaannya terhadap kota pelajar.

Lebih lanjut, dirinya berharap sebagai kota pendidikan dan budaya, pendidikan akan lebih maju dibandingkan sebelumnya. Kemudian, disamping itu Kota Yogyakarta yang sudah dikenal sebagai kota pendidikan tidak pudar seiring berjalannya waktu.

“Harapannya, mudah-mudahan Kota Yogyakarta tetap menjadi kota pendidikan yang nyaman. Lebih baik dari sebelumnya,” harapnya.

Tak hanya itu, Aprilia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya sampai saat ini.  Sekaligus berpesan kepada rekan sejawatnya yang akan mengikuti jejaknya, untuk yakin pada kemampuan mereka melebihi pendidikan formal.

Baca juga:  Sepenuh Hati Jalani Tugas Mulia

“Bagi rekan-rekan mahasiswa, percayalah pada kemampuan unik yang kalian miliki. Terdapat beragam bakat dan keahlian di luar konteks pendidikan formal dan jika memiliki keahlian, fokus dan terus tingkatkan diri,” tutupnya.(bam/sam)