Pati  

PDAM Pati Targetkan Dapat 1.600 Pelanggan Baru

Direktur PDAM Tirta Bening Pati, Bambang Sumantri
Direktur PDAM Tirta Bening Pati, Bambang Sumantri. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening Pati menargetkan penambahan pelanggan baru pada 2024 ini. Ada seribu lebih pelanggan baru yang dibidik.

“2024 ini kita nambah 1.600 pelanggan. Titiknya ada di seluruh Kabupaten Pati,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Bening Pati, Bambang Sumantri saat ditemui di kantornya, Kamis (18/1/24).

Adapun PDAM Tirta Bening Pati sendiri saat ini memiliki sebanyak 39.800 pelanggan. Puluhan ribu pelanggan tersebut tersebar di 5 titik pelayanan di Kabupaten Pati.

Cabang 1 di wilayah Pati Kota dan Rendole, cabang 2 di Juwana dan Wedarijaksa, cabang 3 di Juwana dan Jakenan, cabang 4 berada di Batangan dan Pucakwangi.  Sementara cabang 5 mencakup wilayah Pati Selatan hingga Pati Utara. Dari mulai Sukolilo, Kayen, Tambakromo, Gembong hingga Gunungwungkal.

Baca juga:  Bantah Soal Pencemaran Sungai Juwana, DLH Dianggap Kayak Jubir Perusahaan

“Kita saat punya 39.800 pelanggan 5 cabang pelayanan. Kalau target itu terpenuhi pelanggan kita menjadi 40 ribu lebih,” terang Bambang.

Pihaknya merencanakan penambahan pelanggan baru terbanyak di cabang 4 yang berada di Batangan dan Pucakwangi. Yakni ada sebanyak 750 pelanggan baru yang diincar.

“Penambahan paling banyak di Batangan. Karena kita ditarget sama pemerintah pusat karena telah dibangunkan jaringan perpipaan. Setelah selesai kita diminta menyambung 1.500 pelanggan dari kurun waktu dua tahun. Tapi 2023 sebanyak 750, kekurangan diselesaikan 2024. Jadi tinggal kurang 750,” ucapnya.

Baca juga:  Warga Binaan Lapas Pati Dinyatakan Nonreaktif HIV/AIDS & Sifilis

Dengan adanya penambahan pelanggan tersebut, pihak PDAM Tirta Bening Pati juga akan meningkatkan pasokan air. Dengan rincian menambah belasan liter  per detiknya.

“Untuk 10 liter per detik, kita bisa menambah pelanggan kurang lebih seribu. Kita nambah kurang 15 liter hingga 20 liter per detik,” pungkasnya. (lut/fat)