Bawaslu Kota Semarang Tetapkan 4646 Calon PTPS

AKTIVITAS: Salah satu warga saat melakukan tes wawancara untuk posisi pengawas TPS (PTPS) di salah satu wilayah di Kota Semarang, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang menetapkan 4.646 calon pengawas TPS (PTPS) Pemilu 2024 yang akan bertugas di 16 kecamatan. Proses rekrutmen telah berlangsung sejak 7 Januari 2024 lalu.

“Selamat untuk seluruh calon terpilih PTPS yang sudah melalui proses akhir. Semoga dapat menjalankan tugas kewenangan dan kewajiban hingga pungkas tahapan pemilu 2024. Diharapkan para calon terpilih agar segera mempelajari dan memperdalam mengenai ruang lingkup kerja PTPS,” ucap Anggota Bawaslu Kota Semarang, Euis Noor Faoziah melalui keterangan tertulis yang diterima Joglo Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  Mantan Ajudan Ganjar Pranowo Daftar Cawabup Tegal lewat PDIP

Ia mengungkapkan, PTPS akan bertugas selama 1 bulan. Tepatnya 23 hari sebelum pungut hitung dan 7 hari setelahnya untuk memastikan tata cara prosedur rekapitulasi telah sesuai ketentuan yang berlaku.

“Mereja juga akan mendapatkan uang kehormatan serta penanda PTPS berupa rompi, topi, kaos dan ID card,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan, calon PTPS terpilih akan mengikuti serangkaian kegiatan yaitu pelantikan dan pembekalan yang wajib diikuti. Dalam pembekalan tersebut akan diperjelas tugas kewenangan dan kewajiban serta teknis yang harus dilakukan oleh PTPS.

“Sebelum terjun mengawasi sudah menjadi kewajiban Bawaslu untuk memberikan pelatihan dan membekali PTPS dengan buku saku agar bisa menjadi pegangan dalam mengawasi,” ungkapnya.

Baca juga:  Dewan Tegaskan Aturan Pemanfaatan BMD

Euis berharap, mereka yang telah terpilih mampu menjadi garda terdepan pada pengawasan pemilu 2024. Termasuk dapat bertugas untuk melakukan penertiban APK, mengawasi, dan mencegah politik uang.

“Semua yang terpilih dapat menjalankan tugas kewenangan dan kewajiban terutama pada proses persiapan, saat pelaksanaan dan pasca pemungutan dan penghitungan suara,” harapnya.

Euis juga berpesan agar mereka tetap menjaga kesehatan diri, dan solid dalam bekerja. Di samping itu juga jaga kemandirian agar dapat tercapai pemilu yang luber jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil).

Baca juga:  Sudah Lama Vaksin Meningitis Diwajibkan bagi Jemaah Umrah

“Dan juga berkualitas dan berintegritas sehingga sukses proses dan hasil pemilu 2024 di Kota Semarang dapat dicapai sesuai harapan peraturan perundang-undangan,” ujarnya. (int/adf)