Ganjar dan Pj Gubernur Jateng Terdaftar DPTb Kota Semarang

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom
Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom. (ANTARA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana dipastikan telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Kota Semarang untuk pemilihan umum 2024. Keduanya telah mengurus pindah memilih masuk di Kota Semarang.

“Sepengetahuan kami sudah melakukan kepengurusan di Semarang. Lokasi TPS (tempat pemungutan suara, Red.) di Lempongsari (untuk Ganjar, Red.),” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang Henry Casandra Gultom, Senin (22/1/24).

Nanda, sapaan akrabnya menjelaskan, mantan Gubernur Jateng tersebut sebelumnya sudah terdata masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayah Raung, Gajahmungkur, Semarang. Kemudian pindah memilih di Lempongsari, Semarang.

Baca juga:  Dinsos Jateng Peringati Isra’ Mi’raj dengan Khidmat dan Cair

Karena pindah memilih masih dalam satu daerah pemilih (dapil), kata dia, Ganjar dipastikan masih mendapatkan surat suara lengkap. Termasuk surat suara DPRD Kota Semarang.

Sedangkan untuk Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, ia mengatakan sudah pula mengurus pindah memilih. Sehingga bisa menggunakan hak suaranya di Kota Semarang pada Pemilu 2024.

“Untuk Pj Gubernur sudah melakukan pindah memilih di Semarang. Pejabat lain, belum melakukan pengurusan pindah memilih,” ucapnya.

Meski sudah tercatat dalam DPTb Kota Semarang, Nanda tidak bisa memastikan apakah keduanya akan menggunakan hak suaranya di TPS yang sudah ditetapkan. Karena memilih adalah hak.

Baca juga:  Dinus Festival 2024, Jembatani Generasi Muda untuk Berprestasi

“Berdasarkan data tersebut sepertinya begitu (memilih di Semarang, Red.). Tapi lagi-lagi memilih adalah hak. Bisa digunakan, bisa tidak,” tuturnya.

Sebelumnya, KPU Kota Semarang telah menetapkan DPTb Pemilu 2024. Yakni sebanyak 16.453 pemilih pindah masuk (5.994 laki-laki dan 10.509 perempuan) dan 10.874 pemilih pindah keluar (5.114 laki-laki dan 5.760 perempuan). Kebanyakan pemilih pindah masuk adalah kalangan mahasiswa yang tersebar di wilayah Tembalang dan Gunungpati yang terdapat sejumlah perguruan tinggi. (ara/adf)