Jepara  

Genjot Kualitas Kinerja, Kepala Perangkat Daerah Tandatangani Perjanjian

KOMITMEN: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dan Sekda Jepara Edy Sujatmiko menunjukkan surat perjanjian kinerja, di Pendopo Jepara, Rabu (24/1/24). (MUHAMMAD AGUNG PRAYOGA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara terus menggenjot kualitas kinerja di lingkungannya. Untuk itu, sejumlah Kepala Perangkat Daerah menandatangani perjanjian kinerja supaya mendorong komitmen dan tanggung jawab dalam bekerja.

Adapun yang menandatangani perjanjian kinerja di antaranya adalah Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Diyar Susanto.

Ditandantanganinya perjanjian kinerja ini, berarti perangkat daerah memahami semua tanggung jawab yang diemban sebagai penerima amanat, sekaligus menerima segala konsekuensinya, berupa reward and punishment.

“Perjanjian kinerja (PK) harus diikuti dengan komitmen untuk mencapai target kinerja. Artinya, bapak dan ibu bertanggung jawab penuh atas keberhasilan atau kegagalan pencapain tujuan dan sasaran instansi saudara-saudara,” papar Edy Supriyanta di Pendopo Jepara, Rabu (24/1/24).

Baca juga:  Cuaca Buruk, Wisatawan ke Karimunjawa Minim

Selain bentuk komitmen, kata dia, PK adalah bagian penting dari penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), untuk memastikan instansi pemerintah dalam menerapkan anggaran berbasis kinerja.

SEMANGAT: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Kepala Perangkat Daerah usai menandatangani perjanjian kinerja di Pendopo Jepara, Rabu (24/1/24). (MUHAMMAD AGUNG PRAYOGA/JOGLO JATENG)

Saat ini (2023) nilai SAKIP Pemkab Jepara sebesar 65,69 dengan predikat B. Seperti jelas tertuang pada dokumen perencanaan Rapat Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026 dan Rapat Kinerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024, dengan target SAKIP tahun ini (2024) berpredikat BB.

“Memang sulit, tapi bukan tidak mungkin. Yang dibutuhkan sekarang adalah komitmen saudara-saudara sebagai top leader mencapai seluruh target kinerja OPD masing-masing. Jadilah figur panutan, terus dorong, dan lakukan intervensi transformasi birokrasi yang efektif, efisien, transparan, akuntabel dan berkualitas,” pungkasnya.

Baca juga:  Kunjungi Karimunjawa, Agus Sutisna Salurkan Bantuan Sembako

Adapun target tersebut, menilik dari sektor Sekretariat Daerah (Setda), pertama, meningkatnya kualitas pelayanan publik dan pelaksanaan manajemen pemerintahan yang good governance di bagian pemerintahan, hukum, dan kesejahteraan rakyat.

Kedua, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pelaksanaan manajemen pemerintahan yang good governance di bagian perekonomian & SDA, pengadaan barang dan jasa, administrasi pembangunan.

Kemudian yang terakhir, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pelaksanaan manajemen pemerintahan yang good governance di bagian organisasi, umum, dan protokol komunikasi pimpinan.

Selanjutnya di sektor DKPP, pertama terwujudnya cadangan pangan yang memadai; kedua, meningkatnya produksi dan produktivitas tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan. Seperti program penunjang urusan pemerintahan daerah kabupaten/kota, program peningkatan diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat, program penanganan kerawanan pangan, program pengawasan keamanan pangan.

Baca juga:  Rektor Unisnu Sebut Kriktik Kampus ke Pemerintah Bagian dari Rasa Berbangsa

Kemudian, program penyediaan dan pengembangan sarana pertanian, program penyediaan dan pengembangan prasarana pertanian, program pengendalian kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner, terakhir program penyuluhan pertanian. (map/gih/adv)