KPU Kota Semarang belum Terima Agenda Kampanye Rapat Umum

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom
Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom. (ANTARA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang, hingga kemarin belum menerima pemberitahuan agenda kampanye rapat umum. Baik dari pasangan capres-cawapres maupun partai politik pengusungnya.

“Jadwal kampanye rapat umum sudah kami putuskan. Tiap hari satu pasangan calon dan berkelanjutan hingga 7 Februari 2024,” kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom, Selasa (23/1/24).

Menurut Nanda, sapaan akrab Henry, jadwal kampanye rapat umum tersebut merujuk pada jadwal yang sudah ditetapkan KPU RI. Untuk partai politik, pelaksanaan kampanye rapat umum merujuk pada dukungan yang diberikan parpol kepada pasangan capres-cawapres.

Baca juga:  BKKBN Apresiasi Rumah Pelita Semarang dalam Turunkan Stunting

“Misalnya, ada satu partai yang mendukung pasangan calon nomor urut 1, ya mengikuti jadwal pasangan nomor urut 1. Demikian juga untuk (parpol) pendukung pasangan nomor urut 2 dan 3,” katanya.

Menurut dia, aturan pada kampanye rapat umum sebenarnya sama dengan aturan kampanye secara umum. Tetapi jumlah massanya lebih banyak pada rapat umum. Meski demikian, hingga kini KPU Kota Semarang belum mendapatkan informasi mengenai pasangan capres-cawapres maupun parpol yang akan menggelar kampanye rapat umum dalam waktu dekat.

“Saya belum mendapatkan informasi. Saya yakin mereka nanti akan bersurat ke KPU dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilhan Umum, Red.), dan tentunya akan mengajukan permohonan izin ke polrestabes,” katanya.

Baca juga:  PT Pos Indonesia Ganti Karyawan Penyortiran dengan Robot, Ratusan Orang Dikawatirkan Kena PHK

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (ara/adf)