Pati  

Banjir Landa Sejumlah Desa di Dukuhseti

KONDISI: Nampak masyarakat di Desa Puncel Dukuhseti sedang beraktivitas di tengah banjir. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Banjir melanda sejumlah desa di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati, Kamis (25/1/24). Di antaranya yakni melanda Desa Banyutowo dan Puncel.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, banjir melanda Desa Banyutowo sejak pukul 3.00 WIB. Akibatnya banjir itu, permukiman warga di desa tersebut sempat terdampak.

“Pukul 3.00 air mulai menggenangi jalan dan perkampungan Banyutowo RT 2 RW 1 tepatnya di Banyutowo Utara. 1 hingga 2 rumah yang sudah kemasukan air,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Pati, Martinus Budi Prasetyo.

Baca juga:  Sepekan, Gadis Digorok hingga Bos Rental Dikeroyok

Martinus menjelaskan, banjir menggenangi permukiman warga di Desa Banyutowo akibat saluran air tidak lancar. Mengingat, sebelumnya wilayah tersebut diguyur hujan.

“Banjir di sebabkan air hujan. Karena drainase tidak memadai,” beber dia.

Sementara itu, banjir yang melanda Desa Puncel baru terjadi sekitar pukul 06.00 pagi. Ada sejumlah warga di dua RT di desa tersebut yang sempat terdampak.

“Banjirnya mulai jam 6 sampai jam 14.00 WIB. Karena memang di sana sering banjir. Tepatnya di RT 3 RW 5,” kata salah satu warga sekitar, Jaiman (50).

Baca juga:  BPBD Pati Sebut Sumur Dalam tak Berfungsi Saat Kemarau

Ia menyebut banjir yang melanda desanya sudah surut. Namun, kata dia, banjir memang sering terjadi akibat luapan air sungai.

“Banjir disebabkan karena drainase yang tidak terlalu baik. Luapan di sawah. Karena tadi malam curah hujan tinggi,” pungkasnya. (lut/fat)