Jepara  

Cek Renovasi GBK, Pj Bupati Ajak Masyarakat Rawat Stadion Kebanggaan Jepara

PANTAU: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Sekda Jepara melihat progres renovasi Stadion GBK Jepara, Kamis (25/1/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, bersama Sekda Jepara dan OPD terkait melakukan pengecekan langsung progres renovasi Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) Kamis (25/1/2024). Diperkirakan proses renovasi ini akan rampung pada Oktober 2024 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Edy Supriyanta mengajak masyarakat untuk menjaga stadion kebanggaan tim berjuluk Laskar Kalinyamat tersebut usai dibangun nantinya.

“Sudah bagus dibangun jangan sampai tidak dirawat, insyaallah saya yakin bisa menjaganya dengan baik,” ujarnya.

“Semoga Oktober nanti sudah selesai dan bisa digunakan kembali,” imbuh Edy.

Baca juga:  Bangun Food Court untuk Kesejahteraan Masyarakat

Terlihat di sekitar area stadion sudah ditutup untuk umum. Beberapa penjaga terlihat bersiaga menjaga ketat proyek. Sementara itu, di dalam stadion eksavator digerakkan untuk mengeruk rumput.

Terkait kondisi lapangan stadion GBK saat ini, memang menjadi perhatian banyak pihak. Diketahui, sejak pertama kali dibangun pada tahun 2009 lalu, hingga saat ini lapangan stadion belum pernah direnovasi atau diganti.

KONDISI: Tampak alat berat sedang melakukan proses renovasi Stadion GBK, Kamis (25/1/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

Stadion markas tim Persijap Jepara ini rencanya akan di renovasi meliputi bagian ruang pemain, penambahan fasilitas umum, kursi penonton, penggantian rumput hingga lampu stadion.

Baca juga:  Kenalkan Permainan Tradisional di Masa Liburan

Sebagai informasi, Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) di Kabupaten Jepara menjadi salah satu sasaran renovasi dari 22 stadion yang dinilai tidak layak standar FIFA oleh Kementerian PUPR.

Dalam kegiatan renovasi tersebut, Pemerintah pusat memberikan anggaran senilai Rp 105 miliar dibagi untuk dua stadion di Jateng, Yaitu stadion Jatidiri semarang dan stadion GBK. Maka anggaran tersebut dibagi 30 persen untuk Stadion Jatidiri, 70 persen untuk Stadion GBK.

Anggaran itu mencakup berbagai bagian yang akan direnovasi, mulai dari arsitektural bangunan, mekanikal elektrikal dan lapangan. (hms/gih/adv)