Kudus  

Pemkab Kudus Minta Pemdes Lakukan Mitigasi Bencana

PIDATO: Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhammad Hasan Chabibie saat memberikan arahan, Senin (22/1/2024). (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus meminta kepada pemerintah desa di Kota Kretek untuk segera mempersiapkan segala bidang mitigasi bencana. Hal itu dilakukan sebagai wujud pencegahan dini agar tak terjadi hal negatif yang merugikan masyarakat setempat.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhammad Hasan Chabibie mengaku beberapa waktu lalu telah tour safari ke 9 kecamatan di Kota Kretek. Saat disitu, ia memberikan penjelasan agar betul-betul mitigasi mulai di persiapkan. Camat dan kades diminta mempersiapkan hal itu.

“Kemarin saya muter ke 9 kecamatan. Salah satunya warning betul persoalan ini. Karena situasi musim hujan mulai masuk. Kita juga dengar kemarin ada pohon tumbang. Untuk camat kades dan desa harus memastikan betul mitigasi dan penanganan banjir yang tiap tahun terjadi,” ungkapnya kepada Joglo Jateng, Kamis (25/1/24).

Baca juga:  630 Siswa SDIT Al Islam Gelar Aksi Bela Palestina

Ia berharap, semua pihak agar bisa optimal dalam melakukan mitigasi bencana. Termasuk, melakukan koordinasi dengan pegawai BPBD dan PUPR. Sehingga, jika ada kejadian yang tak diinginkan mereka bisa siap melakukan pencegahan sebelum terjadi.

“Semoga kami bisa melakukan mitigasi lebih optimal lagi. Nanti juga akan dikoordinasikan dengan pihak BPBD dan PUPR. Maka, jika ada kejadian kemarin misal pohon tumbang sesegera mungkin segera dievakuasi,” tuturnya.

Dengan demikian, hal tersebut tidak menggangu akses jalan pengendara roda dua maupun roda empat lainnya. Dilain sisi, Pj Bupati Kudus juga ditanya terkait pembangunan kolam retensi yang saat ini belum rampung.

Baca juga:  Kemenag Kudus Sampaikan Empat Indikator Moderasi Beragama

“Untuk itu sudah teranggarkan di BBWS. Nanti akan segera di koordinasikan lebih lanjut,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga ditanya mengenai keadaan tanggul kritis di Kabupaten Kudus. Menurutnya, ada. Beberapa masukan dari pihak terkait untuk kemudian melaksanakan kerja sama teman BBWS. (adm/fat)