Kudus  

Perkuat Hubungan, IAIN Kudus Teken MoU dengan Zarqa University Yordania

SERAH: Rektor IAIN Kudus, Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, didampingi WR 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Kisbiyanto, M.Pd, Rabu (25/1/2024). (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dalam rangka peningkatan program-program Internasional, IAIN Kudus menjalin kerja sama dengan Zarqa University Yordania. Penandatanganan MoU ini dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Kudus, Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc, M.Si didampingi WR 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Kisbiyanto, M.Pd.

Sedangkan dari pihak Zarqa University dihadiri oleh CEO of Zarqa University Board Trustee, Prof Mahmoud Abu Syeirah, Rector of Zarqa University, Prof Dr Nidhal Al-Ramahi, Perwakilan dari Engineering Faculty, Prof Ghaida Abu Rumman, dan perwakilan dari Dentistry Faculty, Dr Alaa Adnan Khdairi.

Baca juga:  Masyarakat Diminta Waspada saat Musim Kemarau

MoU tersebut dilaksanakan di Aula Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang,  Selasa, 23 Januari 2024 dengan melibatkan para Rektor PTKIN. Kerjasama ini untuk memperkuat jaringan internasional sekaligus sebagai rintisan program-program Internasional dalam rangka menyongsong Akreditasi Internasional.

Zarqa University memiliki jurnal-jurnal yang terindeks Scopus. Mereka juga memiliki Fakultas Sains, Fakultas Adab, Fakultas Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Kedokteran dan fakultas lainnya.

Prof Abdurrohman menekankan bahwa poin penting Kerjasama IAIN Kudus dengan Zarqa University meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa. Ditambah dengan riset colaborative, join publikasi, International Conference dan pengembangan kegiatan internasional lainnya.

Baca juga:  Perkuat Pondasi Sepak Bola Putri Melalui Ajang Turnamen Bergengsi

“Kami juga berharap agar MoU ini ditindaklanjuti dengan MoA antar Fakultas, Pasca, Lembaga dan Unit lain serta Civitas Akademika IAIN Kudus sesuai kesepakatan dalam point-point kerjasama tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor Zarqa University, Prof. Dr. Nidhal Al Ramahi, menyampaikan, bahwa kerja sama tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kerja sama antara Yordania dan Indonesia di bidang pendidikan tinggi.

“Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Yordania dan Indonesia,” ujar Prof. Nidhal Al Ramahi.

Baca juga:  Hukum Seseorang yang Bernazar Dibarengi dengan Kurban

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah mengucapkan terima kasih kepada Zarqa University atas kunjungan ke UIN Raden Fatah Palembang dan Para Rektor PTKIN yang berkanan hadir untuk melakukan penandatanganan MoU.

“Ini adalah hal yang sangat luar biasa, pada hari ini untuk pertama kalinya Para Rektor,” pungkasnya. (adm/fat)