Pati  

Sub-PIN Polio di Pati Melebihi Target

SASARAN: Petugas kesehatan di Kabupaten Pati sedang memberikan imunisasi polio, Rabu (24/1/2024). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Pelaksanaan Sub-Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) Polio putaran pertama di Kabupaten Pati telah berakhir beberapa hari lalu. Pemberian imunisasi polio tersebut telah melebihi target yang ditentukan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, Aviani Tritanti Venusia mengatakan, imunisasi polio telah mencapai 104 persen. Capaian itu melebihi dari 95 persen target yang ditetapkan.

Menurutnya, berhasilnya capaian tersebut karena tingginya antusias para orang tua di daerahnya. Mengingat, imunisasi ini tidak memiliki efek dan bisa dilakukan secara cepat.

“Sampai saat ini tidak ada orang tua yang menolak. Karena memang pemberian imunisasi ini relatif mudah dan tidak menyebabkan demam membuat pemberiannya cepat,” kata dia, Kamis (25/1/24).

Baca juga:  Target Pendapatan Disdagperin Pati Turun

Meskipun begitu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai penyakit ini. Yakni untuk tetap melakukan hidup bersih seperti tidak buang air besar secara sembarangan.

“Kami menghimbau masyarakat membuat jamban yang sesuai dengan layak. Namun kalaupun tidak ada, perilaku buang air seperti di tempat sumber air bisa dihindari,” imbaunya.

Untuk diketahui, Dinkes Pati menargetkan sebanyak 128.526 anak usia 0 sampai 7 tahun di Kabupaten Pati agar bisa mendapatkan imunisasi polio. Pembagian imunisasi ini sebagai langkah antisipasi setelah penemuan positif polio di Kabupaten Klaten.

Imunisasi polio diberikan dalam dua putaran. Pertama, tanggal 15-21 Januari. Sedangkan kedua dilakukan pada tanggal 19-25 Februari. (lut/fat)