UIN Walisongo Sediakan 5.370 Kuota PMB

SUASANA: Salah satu taman di UIN Walisongo. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo membuka jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2024. Sebanyak 5.370 kuota dibuka untuk lima jalur PMB.

Jalur yang dibuka PMB UIN Walisongo dibagi 342 kuota jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), 612 kuota Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Kemudian 1.002 kuota Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Lalu 1.801 kuota Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan 1613 kuota Ujian Mandiri dan Jalur Prestasi.

Koordinator Humas UIN Walisongo, Astri Amanati Budiningtyas menyampaikan saat ini yang sudah dibuka jalur penerimaan baru adalah SNBP dan SPAN-PTKIN. UIN Walisongo menyediakan 342 kuota untuk Jalur SNBP dan 612 kuota SNBT.

Program studi yang bisa dipilih untuk jalur SNBP dan SNBT adalah Manajemen, Ilmu Politik, Sosiologi, Gizi, Psikologi, Biologi, Fisika. Selain itu Kimia, Matematika, Teknik Lingkungan, Teknologi Informasi dan Ilmu Hukum.

Baca juga:  Gelar Workshop Keterampilan Berkomunikasi, RSUD dr Adhyatma MPH Upayakan Beri Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (A), Komunikasi dan Penyiaran Islam (A). Selanjutnya Manajemen Dakwah (A) menyediakan 160 kuota. Kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari Program Studi Akuntansi Syariah (Unggul) dan Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (A) menyediakan 200 kuota.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik memiliki dua program studi yaitu Ilmu politik dan Sosiologi. Masing masing prodi menyediakan 120 kuota.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan memiliki enam program studi. Program studi Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Inggris masing masing menyerdiakan 180 kuota. Program studi Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, masing masing  menyediakan 160 kuota.

Baca juga:  Nana Sudjana Buka Popda Jateng 2024, Ribuan Peserta Rebutkan Ratusan Medali

Kuota paling banyak disediakan pada program studi Pendiidkan Agama Islam  yang terdiri dari 63 kuota jalur SPAN-PTKIN, 112 kuota UM PTKIN dan 75 Jalur Mandiri. Pendidikan Islam Anak Usia Dini menyediakan 120 kuota yang terbagi 30 kuota jalur SPAN-PTKIN, 54kuota UM PTKIN dan 36 Jalur Mandiri.

Fakultas Psikologi dan Kesehatan memiliki dua program studi yaitu Gizi dan Psikologi. Prodi Gizi menyediakan 120 kuota. Program studi Psikologi menyediakan 160 kuota.

Fakultas Sains dan Teknologi memiiki sepuluh program studi. Program Studi Biologi dan Matematika membuka 105 kuota. Fisika, Kimia dan Teknik Lingkungan menyediakan 70 kuota. Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika menyediakan 140 kuota.

Baca juga:  Klarifikasi PHK, PT Sei Apparel Masih Beroperasi

Pendidikan Fisika 70 kuota. Pendidikan Kimia terdiri 105 kuota. Teknologi Informasi membuka 105 kuota.

Fakultas Syariah dan Hukum memiliki lima program studi. Program studi Hukum ekonomi syariah, Hukum Keluarga Islam masing masing membuka 160 kuota. Hukum pidana islam menyediakan 140 kuota. Program studi Falak menyediakan 120 kuota. Program studi Ilmu Falak menyediakan 160 kuota dengan rincian 40 jalur SNBP, 72 kuota SNBT dan 48 jalur Mandiri.

Fakultas Ushuludin dan Humaniora memiliki lima program studi, Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, Prodi  Ilmu Seni dan Arsitektur Islam dan Prodi Tasawuf dan Psikoterapi masing masing menyediakan 120 kuota. Prodi ilmu Al-Quran dan Tafsir menyediakan 200 kuota. (ara/adf)