Kudus  

Bukti Jaga Netralitas di Kudus, TNI-POLRI Sinergi Bangun Posko

KOMPAK: Tampak TNI-POLRI sedang melakukan foto bersama di depan Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Selasa (30/1/2024). (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Posko Netralitas TNI-Polri selama Pemilu 2024 telah terbangun di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus. Pembangunan tersebut dilakukan oleh Polres Kudus bersama Sub Denpom IV/3-2 Pati. Hal itu bertujuan untuk menyakinkan masyarakat terkait kenetralan KPU dan Bawaslu.

Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasi Propam AKP TM Efendi mengatakan, posko tersebut didirikan bertujuan untuk menyakinkan masyarakat. Dalam hal menjaga Netralitas TNI Polri selama gelaran Pemilu 2024, Selasa (30/1/2024).

“Posko ini sebagai bentuk sinergitas nyata dalam menjaga netralitas TNI-Polri dalam Pemilu 2024, untuk itu kami dirikan posko bersama Polres dan Sub Denpom IV/3-2 Pati,” terangnya.

Baca juga:  Pemkab Kudus Siap Dampingi Persiku Junior Jika Capai Final

Lebih lanjut, mengacu pada aturan yang berlaku, jajaran TNI dan Polri harus netral dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Mereka juga harus menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif sehingga pelaksanaan Pemilu berjalan aman, lancar dan sukses.

”Personel Polres Kudus juga dibekali buku saku netralitas Polri yang bertujuan untuk panduan pelaksanaan netralitas. Buku saku itu berisi pedoman netralitas anggota Polri dalam pemilu 2024,” tandasnya.

Dalam pelaksanaanya, piket posko telah dijaga sebanyak 6 personel. Yakni 3 dari Propam Polres dan 3 dari Sub Denpom IV/3-2 Pati. Ia memberikan pesan kepada personel gabungan yang berjaga agar menjaga kebersihan posko dan selalu waspada terhadap gangguan kamtibmas. (adm/fat)