BPSDMD Jateng Gelar Sosialisasi Program Pengembangan Kompetensi ASN

SIMBOLIS : Penandatanganan kerja sama pelaksanaan pelatihan antara BKD di sembilan Kabupaten/Kota di Jateng pada kegiatan Sosialisasi Program Pengembangan Kompetensi ASN BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 bertajuk Jawa Tengah Corporate University untuk Jateng Pinter Bareng di Gedung Sasana Widya Praja, Kamis (1/2/2024). (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah (Jawa Tengah) menggelar Sosialisasi Program Pengembangan Kompetensi ASN BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024. Acara bertajuk Jawa Tengah Corporate University untuk Jateng Pinter Bareng ini berlangsung di Gedung Sasana Widya Praja pada Kamis (1/2/2024).

Kepala BPSDMD Jateng, Sadimin mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menyampaikan kebijakan tentang pengembangan kompetensi terkini. Kemudian menyampaikan agenda pengembangan kompetensi dan sertifikasi kompetensi yang akan dilaksanakan di tahun 2024. Di samping itu juga menjaring masukan dan saran bagi penyelenggaraan pelatihan.

Baca juga:  Puluhan Mantan Kades Siap Dukung Sudaryono

“Jadi sosialisasi yang dilaksanakan pada BPSDMD Provinsi Jawa Tengah dengan harapan temen-temen yang ada di daerah kabupaten/kota ini bisa memahami. Mengetahui program-program apa yang dilaksanakan, pelatihan-pelatihan apa yang dilaksanakan oleh BPSDMD Provinsi Jateng,” katanya pada Joglo Jateng usai kegiatan.

FOTO BERSAMA: Kepala BPSDMD Jateng, Sadimin bersama perwakilan BKD dari sembilan kabupaten/kota usai penandatangan MoU pelaksanaan pelatihan. (LU’LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

Pada kesempatan tersebut turut dilakuakan penandatanganan kerja sama pelaksanaan pelatihan antara Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dari sembilan kabupaten/kota dengan BPSDMD Jateng. Adapun kabupaten/kota tersebut ialah, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten. Selanjutnya Kabupaten Boyolali, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Kebumen.

Baca juga:  Mbak Ita Jajaki Komunikasi dengan DPC Gerindra

“Masing-masing daerahkan punya rencana ya, kemudian setiap tahun itu ngirim berapa ke kami di BPSDMD, nanti sesuai tugas pokok fungsi kami akan melaksanakannya. Tadi ada sembilan kabupaten/kota yang melakukan penandatanganan kerja sama dengan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah untuk melaksanakan agenda-agenda pelatihan,” jelas Sadimin.

Ia berharap, kedepan akan lebih banyak daerah-daerah yang mau untuk bekerja sama dengan BPSDMD Jateng dalam pelaksanaan pelatihan. Hal ini merujuk pada Undang Undang Nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara mengatur bahwa setiap Pegawai ASN wajib untuk melaksanakan pengembangan kompetensi melalui pembelajaran secara terus menerus. Juga melalui sistem pembelajaran yang terintegrasi.

Baca juga:  BPSDM Jateng Tingkatkan Kompetensi ASN dengan Berbagai Kegiatan

“Untuk tahun 2024 sembilan kabupaten/kota, nanti tahun mendatang akan ada kemungkinan meningkat. Karena sesuai UU nomor 20 Tahun 2023 bahwa pegawai ASN itu harus selalu mengembangkan kompetensinya,” tegasnya.

Turut hadir beberapa narasumber dalam sosialisasi tersebut, Kepala BPSDMD DKI Jakarta, Mochamad Miftahulloh Tamary dan Plh Sementara Kepala LAN RI, Muhammad Taufiq. Mereka mengikuti kegiatan secara daring. (luk/adf)