KPU Pemalang Mulai Distribusikan 277 Kotak Logistik Pemilu

TERANGKAN: Ketua Komisioner KPU Pemalang Agus Setiyanto (tengah) saat menjelaskan perbedaan surat suara kepada petugas pelipatan di gudang Surat Suara KPU Pemalang, beberapa waktu lalu. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Secara bertahap, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang mulai mendistribusikan kotak logistik Pemilu 2024 ke 14 kecamatan di wilayah tersebut. Proses distribusi pertama dilaksanakan untuk Kecamatan Comal, total ada 277 kotak logistik yang telah di-packing dan dikirimkan.

Ketua Komisioner KPU Pemalang Agus Setiyanto menuturkan, setelah proses lipat surat suara, rakit kotak suara, dan bilik selesai dilaksanakan, pihaknya langsung melakukan packing logistik untuk selanjutnya didistribusikan berjenjang dari kecamatan, desa/kelurahan dan TPS.

“Proses lipat dan rakit kemarin kita sudah selesai. Jadi langsung di-packing menjadi satu untuk dikirim ke masing-masing kecamatan yang diterima oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 14 kecamatan yang ada di Pemalang. Awal hari ini (kemarin, red) kita sudah kirim 277 kotak logistik ke Kecamatan Comal,” ucapnya.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Gelar Sosialisasi Pemilu untuk ASN

Pada perkembangannya, proses packing logistik hampir selesai di lima gudang KPU Pemalang. Salah satunya ada di gudang surat suara yang ada di depan Rumah Sakit Islam (RSI) Pemalang, di mana seluruh surat suara dilipat dan disimpan di sana.

Lebih lanjut, dirinya memastikan seluruh proses distribusi logistik akan selesai maksimal H-1 telah ada di setiap TPS. Namun perlu diperhatikan kepada PPK, PPS dan KPPS untuk memeriksa secara berkala gudang logistik mereka, karena di musim penghujan ini sangat rawan terjadi kebocoran, sehingga perlu diminimalisir, agar seluruh logistik bisa digunakan dan tidak ada kerusakan pada hari pencoblosan di 14 Februari 2024.

Baca juga:  Masa Tenang, Bawaslu Pemalang Copot Ratusan APK

“Minimal H-1 sebelum pencoblosan atau 13 Februari seluruh logistik selesai didistribusikan sampai di tingkat TPS. Harapannya semua bisa berjalan lancar tanpa kendala hingga selesai perhitungan nanti,” ujarnya. (fan/abd)