Jepara  

Pj Bupati Berharap Rest Area Ngetuk Garden Dongkrak Pendapatan Desa

INOVATIF: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Ketua DPRD Jepara Haizul Ma'arif, Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko, dan Forkopimcam Tahunan saat meresmikan Rest Area Ngetuk Garden di Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan, Minggu, (4/2/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mengapresiasi langkah yang diambil Pemerintah Desa Ngabul untuk menggunakan tanah desa menjadi Rest Area Ngetuk Garden. Dia berharap rest area ini bisa mendongkrak pendapatan asli desa, sehingga Desa Ngabul bisa menjadi desa yang mandiri.

“Ini merupakan suatu inovasi yang bagus, yang dapat dioptimalkan menjadi pendapatan asli desa,” ucapnya saat meresmikan Rest Area Ngetuk Garden di Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan, Minggu, (4/2/2024). Dalam peresmian tersebut hadir Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif, Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko, Forkopimcam Tahunan, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Baca juga:  Jelang Iduladha, DKPP Jepara Gencar Lakukan Pemeriksaan

Ia meminta kepada pengelola dan pedagang yang menempati rest area tersebut agar senantiasa menjaga kebersihan, dan keamanan terutama di area toilet dan tempat ibadah. Menurutnya, poin tersebut dapat mempengaruhi kesan positif bagi pengunjung yang pertama kali datang.

Rest area yang menempati lahan seluas 3.600 m² tersebut berlokasi di bekas Pasar Ngabul lama yang disulap menjadi rest area yang menyediakan kios UMKM termasuk rumah makan. “DiskopUKMnakertrans agar dibantu kerja sama UKM Jepara untuk berjualan oleh-oleh khas Jepara disini,” kata Edy.

Ia juga mendorong pengelola agar menarik UKM di desa sekitar melalui skema kerja sama. Hal ini diharapkan agar Rest Area Ngetuk Garden dapat bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat Desa Ngabul dan sekitarnya.

Baca juga:  Lepas Ribuan Calon Jemaah Haji, Pj Bupati Imbau Jaga Kesehatan

Edy mengatakan ide tersebut dapat dicontoh para petinggi yang lain agar dapat memanfaatkan tanah dan aset desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar lebih produktif sehingga dapat menambah kas desa. Dengan bertambahnya pendapatan asli desa, tentunya kesejahteraan warga semakin meningkat. (hms/gih/adv)