Kemampuan Digitalisasi Pelaku UMKM Terus Digenjot

MELAPAK: Sejumlah pelaku UMKM mengikuti Festival Oriental Food China Town Yogyakarta di Sleman yang berlangsung dari 2-18 Februari 2024 mendatang. (ANTARA/JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo Jogja – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Sleman, terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM. Hal itu untuk meningkatkan kemampuan digitalisasi dalam pemasaran produk maupun pengelolaan keuangan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkop UKM Sleman Tina Hastani mengatakan, terus mendampingi pelaku UMKM dalam meningkatkan kemampuan dalam dunia digital. Salah satunya mendukung pemasaran produk, termasuk dalam pengelolaan sistem keuangan.

“Dengan memiliki kemampuan atau kemahiran pada dunia digital akan mempermudah dan memperluas pemasaran produk. Salah satunya melalui aplikasi Labamu. Kami terus mendorong agar UMKM di Sleman ini terus berkembang dan naik kelas,” tuturnya.

Baca juga:  Masyarakat Pesisir Diberi Pelatihan Medis Dasar

Sedangkan, Festival Oriental Food China Town Yogyakarta pada 2-18 Februari di Sleman ini didukung aplikasi Labamu, yang membantu mengefektifkan proses penjualan dan penerimaan pembayaran bagi UMKM.

Tak hanya berisi gerai kuliner, festival ini juga menampilkan serangkaian pertunjukan seni budaya, pameran, lomba-lomba dan tari barongsai untuk memperingati Tahun Baru Imlek di Yogyakarta. “Para pedagang kuliner juga menggunakan aplikasi Labamu, yang merupakan tujuan utama acara ini, yakni meningkatkan literasi keuangan digital di kalangan UMKM,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Labamu Arnold Sebastian Egg mendukung acara itu, lantaran  memberdayakan komunitas lokal dengan membantu pertumbuhan bisnis mereka melalui Labamu. “Kami dapat mengamati secara langsung, bagaimana solusi kami memberi manfaat bagi pengguna dan mengumpulkan insight. Untuk meningkatkan Labamu agar memberikan dampak yang lebih besar,” katanya.(bam/sam)