2.596 Satlinmas Diterjunkan, Amankan 1.298 TPS

Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat
Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat. (RIZKY ADRI KURNIADHANI/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Satpol PP Kota Yogyakarta akan menurunkan 2.596 personil Satuan Pelindung masyarakat (Satlinmas). Hal itu dilakukan untuk mengamankan jalannya pemilu di 1.298 tempat pemungutan suara (TPS).

Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat mengungkapkan, nantinya masing-masing TPS akan diisi oleh dua personil. Terpenuhinya pengamanan Satlinmas untuk pemilu kali ini dikarenakan, 2024 tercatat ada 4.200 personil di 14 kemantren se-Kota Yogyakarta. Dengan banyaknya personil itu, memudahkan dirinya dalam pengamanan pemilu.

“Nantinya, setiap TPS akan dilakukan pengamanan oleh dua personil Satlinmas Kota Yogyakarta. Alhamdulilah kita bisa memenuhi itu semua,” ungkapnya.

Baca juga:  Incumbent Wajib Cuti saat Kampanye

Lebih lanjut, Octo juga telah menindak lanjuti peraturan Kemendagri Nomor 11 Tahun 2023, tentang Sarana dan Prasarana Bagi Satlinmas. Dengan mengadakan dan mendistribusikan 3.200 pakaian dinas lapangan Satlinmas.

“Kami telah selesai melakukan pengadaan dan pendistribusian pakaian dinas lapangan bagi mereka. Termasuk sepatu dan topinya.” paparnya.

Kemudian, untuk memastikan kesiapan Satlinmas, pihaknya bekerja sama dengan beberapa OPD, serta TNI dan Polri. Yang akan melaksanakan apel bersama di Halaman Stadion Mandala Krida pada Rabu (7/2) mendatang.

“Itu bertujuan memastikan jumlah Satlinmas di Kota Yogyakarta telah mencukupi pengamanan di setiap TPS. Serta memastikan seluruh personil dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, termasuk profesional dan netralitas dalam menjalankan tugasnya,” pungkasnya.(riz/sam)