Demak  

Gusdurian Demak Ajak Masyarakat Kawal Pesta Demokrasi

KOMPAK: Tampak Gusdurian Demak dan beberapa elemen masyarakat telah melakukan penandatanganan Pemilu 2024 yang jujur dan adil, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Gusdurian Kabupaten Demak meminta masyarakat untuk berperan aktif mengawal Pemilihan Umum (Pemilu) damai 2024. Hal itu disampaikan langsung saat menggelar gardu jalanan di Alun-alun Demak, Senin (5/2).

Antusiasme masyarakat tentang ajakan Gardu Pemilu Gusdurian terlihat dengan banyaknya masyarakat yang turut bersuara tentang pemilu bermartabat, damai, jujur, dan anti hoax. Bahkan, ia menyampaikan harapannya melalui tulisan dan tanda tangan di spanduk yang disiapkan panitia.

Koordinator Gusdurian Demak, Moh Iskandar menyampaikan, gardu jalanan adalah bagian dari program Gardu Pemilu Gusdurian yang berfokus pada pendidikan politik dan demokrasi. Serta, ajang konsolidasi masyarakat sipil untuk berperan aktif dalam mengawal Pemilu 2024.

Baca juga:  Babinsa Karangsewu Demak Lakukan Pendampingan Program Pompanisasi

“Kami menyediakan tempat bagi masyarakat untuk turut berperan aktif menjaga pemilu bermartabat dan damai, memilih berdasarkan hati nurani, memilih bukan karena uang, bersuara atas ketidak adilan yang terjadi dan menolak hoax,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak, Uli Nuha menyambut baik atas kegiatan pendidikan politik dan demokrasi tersebut. Kegiatan yang digelar kali ini diinisiasi oleh Gusdurian Demak.

“Kegiatan Gardu Jalanan ini semoga bisa ikut memantik kelompok-kelompok lain untuk turut berperan serta menjaga pemilu bermartabat, pemilu tanpa politik uang, tanpa kekerasan, pemilu yang damai sehingga menciptakan kondusifitas dan pemimpin yang baik” tukasnya. (adm/fat)