Jelang Popda DIY, Disdikpora Bantul Jaring Atlet Pelajar Terbaik

BERUPAYA: Tampak atlet pelajar Bantul tengah berusaha menyarangkan bola ke jaring lawan. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul melakukan penjaringan atlet pelajar terbaik, melalui pekan olahraga pelajar kabupaten (Popkab). Para atlet itu nantinya akan mengikuti pekan olahraga pelajar daerah (Popda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko menyampaikan, gelaran Popkab ini merupakan ajang kompetisi olahraga ditingkat pelajar. Kompetisi ini merupakan ajang tahunan yang dilakukan untuk menjaring bibit-bibit atlet pelajar terbaik.

“Jadi memang kami lakukan sebagai kompetisi olahraga antar pelajar se-Kabupaten Bantul. Sekaligus menjaring atlet pelajar yang akan diikutkan dalam Popda DIY Maret mendatang,” terangnya.

Baca juga:  Pencurian Motor di Pantai Cangkring Sulit Dilacak, Polisi: "Sangat Dibutuhkan CCTV"

Menurutnya, sudah sejak lama Bantul banyak memunculkan atlet yang memiliki keahlian luar biasa. Hal itu terbukti dalam beberapa kali pagelaran Popda DIY. Bahkan tidak tanggung-tanggung, delapan kali berturut-turut berhasil keluar sebagai juara umum.

“Atlet-atlet pelajar di Bantul itu sangat luar biasa, terbukti sudah delapan kali berturut-turut menjadi juara umum. Sehingga tahun ini kami tetap memegang komitmen yang sama, keluar sebagai pemenang,” ujarnya.

Lebih lanjut, raihan juara umum itu tidak hanya dari beberapa cabang olahraga (Cabor) saja. Bahkan dari 18 cabor yang diperlombakan, Bantul selalu mendominasi dapat medali dari kabupaten dan kota yang ada di DIY.

Baca juga:  KPU Kota Yogyakarta Lantik 205 Petugas Pemilu, Petugas Pantarlih Segera Dibentuk

“Pengalaman dari tahun kemarin, hampir semua cabor yang ada mampu mendominasi. Untuk itu, komitmen kami Bantul harus sukses dalam kegiatan olahraga pelajar tahunan ini,” imbuhnya.

Tidak hanya ingin menorehkan prestasi di tingkat daerah, pihaknya berharap para atlet pelajar Bantul bisa mengikuti kompetisi tingkat nasional. “Semoga setelah Popda ini ada atlet-atlet yang bisa mengikuti kompetisi di tingkat lanjut, nasional,” pungkasnya.(nik/sam)