Jepara  

Bawaslu Jepara Tertibkan Seluruh APK di Masa Tenang

BARIS: Bawaslu Kabupaten Jepara saat melaksanakan penurunan salah satu APK, Minggu (11/2/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jepara melaksanakan apel bersama dengan TNI, Polres Jepara, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Perhubungan (Dishub). Kegiatan itu dilakuakan sebelum menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK), Minggu (11/2/24).

Diketahui dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022, masa tenang akan berlangsung selama 3 hari, terhitung sejak 11 hingga 13 Febuari 2024. Setelah masa tenang, mulai (14/02) di mana secara bersama-sama masyarakat dapat memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga:  Angka Anak tidak Sekolah di Jepara Menyusut Drastis

Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara menyampaikan, penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dilakukan dalam rangka memasuki hari tenang pemilu 2024. Sebab saat ini sudah dilarang untuk melakukan kampanye.

“Penertiban alat peraga kampanye dimana hari tenang adalah bagian sudah dilarang melakukan kampanye. Alat peraga adalah satu diantara bagian kampanye,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut dia, dalam pembersihan APK dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Jepara. Pihaknya membagi menjadi tiga tim. Mulai dari wilayah selatan, barat, dan tengah. Dalam hal ini, pembersihan tidak akan memandang bulu, semua APK wajib ditertibkan.

Baca juga:  KONI Jepara Optimalkan Sekolah sebagai Sarana Latihan

“Karena sudah memasuki masa tenang, maka seluruh APK di Kabupaten Jepara harus ditertibkan. Tidak memandang siapapun itu, baik yang melanggar atau tidak,” tambah Sujiantoko.

Sementara itu, Khoirul Abidin selaku Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu mengungkapkan, dalam pembersihan APK besar menggunakan alat berat berupa crane. Sedangkan APK kecil dapat dibersihkan oleh Panitia pengawas (Panwas) di setiap masing-masing kecamatan.

“Target kami adalah APK besar yang hanya bisa dijangkau dengan alat berat, crane. Untuk APK kecil itu tugas dari Panwas kecamatan,” ucap Abidin.

Baca juga:  Kampanye di Jepara, Partai Buruh Singgung Masyarakat Tertindas hingga Pupuk Langka

Pihaknya menuturkan, tidak ada hambatan dalam proses penertiban APK. Hal itu terjadi, lantaran Bawaslu telah mengerahkan semua pihak-pihak terkait dan juga Panitia pengawas (Panwas) Kecamatan dalam proses penertiban APK.

“Alhamdulillah untuk sejauh ini kami tidak terkendala. Karena semua tim telah kami gerakkan,” pungkas Abidin kepada Joglo Jateng. (cr4/fat)