Disdikpora Bantul Sediakan Puluhan Paket Perbaikan SD dan SMP

PERBAIKAN: Tampak renovasi yang ruang kelas di SD Negeri Sawit 2023 lalu. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Bantul menyebutkan ada puluhan paket perbaikan sarana prasarana sekolah. Adapun paket itu terdiri dari perbaikan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 17 paket dan SMP 20 paket.

Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko menyampaikan, di 2024 telah menetapkan sebanyak 37 paket perbaikan. Baik itu renovasi ruang kelas, penambah ruang kelas baru, pembangunan gedung perpustakaan, serta beberapa komponen lainnya.

“Tahun ini ada sekitar 17 paket perbaikan di SD dan 20 paket untuk SMP. Masing-masing tersebar di banyak lokasi di Bantul,” terangnya.

Baca juga:  Jadwal Pembuangan Sampah ke Depo & TPS di Yogyakarta Diatur

Adapun, beberapa sekolah itu di antaranya SD Gragahan, SD Semuten, Sendangsari, Singosaren dan SD 2 Srandakan. Lalu untuk SMP yakni SMP 2 Sewon, SMP 2 Imogiri, SMP 2 Kasihan, SMP 3 Pleret dan lainnya.

“Rata-rata sekolah yang mendapat alokasi anggaran perbaikan ini pada tingkat kerusakan sedang. Kemudian untuk kerusakan ringan akan dicover melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS) atau di luar APBD,” ungkapnya.

Sementara itu, perbaikan sarana prasarana sekolah memang menjadi komitmen setiap tahunnya. Hal ini untuk meningkatkan mutu pendidikan, baik dari segi fasilitas, tenaga pendidik dan kurikulum.

Baca juga:  Tematik Agribisnis Semangka Diharapkan Penuhi Kebutuhan Warga Sleman

“Makanya setiap tahun kami selalu mengupayakan renovasi gedung yang perlu diperbaiki. Hal ini sebagai upaya memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar,” imbuhnya.

Menurutnya, usulan perbaikan itu sendiri langsung diajukan oleh pihak sekolah yang memerlukan perbaikan fasilitas, yang dimulai sejak Januari sampai Desember. Jadi sekolah harus mengajukan proposal perbaikan atau rehab. Sehingga usulan itu akan kami ajukan agar dilaksanakan di tahun berikutnya,” pungkasnya.(nik/sam)