CFD Sleman Bisa Dimulai Usai Pemilu

SEHAT: Tampak masyarakat saat melakukan berbagai kegiatan dalam CFD di area Lapangan Pemda Sleman, beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA/JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo JogjaCar Free Day (CFD) di Kabupaten Sleman yang seharusnya dimulai pada awal Februari batal terlaksana. Kegiatan yang berpusat di Lapangan Pemda Sleman itu kemungkinan baru rutin dilaksanakan pasca Pemilu 2024.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengharapkan, CFD dapat diselenggarakan secara konsisten. Mengingat tingginya antusias masyarakat yang datang dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, CFD salah satu upaya Pemkab Sleman dalam memberikan wadah bagi masyarakat mengisi akhir pekan, dengan kegiatan positif seperti berolahraga dan lainnya. Serta, dinilai mampu memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya pelaku UMKM, sebab diberikan wadah dan kesempatan menjajakan produk-produk.

Baca juga:  Dinperinkopukm Yogyakarta Gelar Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian untuk Tingkatkan Minat Berkoperasi Remaja

“CFD terbuka untuk masyarakat umum secara gratis. Ramainya warga yang datang ini sekaligus membantu perekonomian,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman Arip Pramana menambahkan, digulirkannya kembali program CFD karena beberapa pertimbangan. Di antaranya, sektor ekonomi yang terdongkrak lantaran banyak UMKM yang bisa berjualan.

“Kemudian juga memberikan ruang bagi masyarakat untuk berolahraga tanpa terganggu lalu lalang kendaraan,” katanya.

Sedangkan, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Sleman Marjanto mengatakan, lantaran berbarengan dengan pemilu, CFD yang direncanakan dimulai pada awal bulan ini akhirnya dibatalkan. Dengan penyebab lantaran kesibukan petugas keamanan.

Baca juga:  Seluruh ASN Diminta Tingkatkan Komitmen Pelayanan

Pasalnya, menurutnya personil kepolisian dan Satpol PP ikut mengamankan berbagai tahapan Pemilu 2024. “Sehingga diambil keputusan CFD baru bisa dilaksanakan di Minggu setelah pelaksanaan pemilu,” terangnya.

Adapun pelaksanaan CFD di tahun ini, skemanya sama seperti tahun lalu. Yakni menutup Lapangan Pemda dari akses kendaraan bermotor mulai dari pukul 06.00-10.00. Serta nantinya masyarakat bisa bebas berolahraga tanpa adanya gangguan.

Selain itu, pengunjung yang datang dapat membeli berbagai jajanan yang disediakan stand UMKM. “Kami juga dapat informasi kalau Dinas Kesehatan Sleman akan menyediakan layanan cek kesehatan gratis di CFD,” tuturnya.

Baca juga:  Joko Tepis Isu Rekomendasi DPP PDIP

Adapun selama 2024 ini CFD bakal digelar sebanyak 20 kali. Sehingga akan ada yang digelar dua kali dalam sebulan.(bam/sam)