KPU DIY Siap Gelar Pemilu Sukses dan Berkualitas

PAPARKAN: Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi saat melakukan sambutan dalam media gatering kesiapan menuju pemilu, Senin (12/2/24). (ISTIMEWA/JOGLO JOGJA)

YOGYAKARTA, Joglo Jogja – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY telah melakukan berbagai tahapan untuk menyukseskan Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024. Seluruh persiapan sejak 2022 itu merupakan upaya terwujudnya kinerja terbaik dalam melangsungkan pemilu yang sukses dan berkualitas.

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi mengatakan, di hari pemungutan suara, merupakan titik tujuan seluruh persiapan penyelenggaraan yang telah dilakukan KPU. Mulai dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota.

“KPU DIY, beserta KPU Kabupaten/Kota di wilayah DIY tanpa terkecuali, telah bekerja dengan upaya maksimal yang dapat dikerahkan. Untuk menjadikan penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan lancar, aman dan damai, tanpa ada kendala apapun,” ungkapnya.

Baca juga:  Disdikpora DIY Wajibkan Semua Sekolah Terima ABK

Ia menambahkan, seluruh persiapan telah dilakukan dari perencanaan anggaran, penetapan peserta pemilu, pembentukan badan adhoc, pemutakhiran data pemilih, pengadaan logistik. Hal itu telah dilaksanakan sesuai tahapan, prosedur, serta ketentuan yang berlaku.

“Seluruh tahapan telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu. Sebagai wujud dari komitmen KPU DIY dan KPU Kabupaten/Kota se-DIY untuk menjadikan pemilu yang berintegritas, jujur, adil, bersih dan tanpa pelanggaran,” tambahnya.

Lebih lanjut, beberapa kegiatan telah berhasil dilewati. Mulai dari pelantikan KPPS, pelaksanaan bimbingan teknis anggota KPPS, simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi SIREKAP.

Baca juga:  KPU Kota Yogyakarta Pastikan tak Ada Joki Pantarlih untuk Coklit

Kemudian, kegiatan setting, sortir, lipat dan pengemasan seluruh logistik Pemilu 2024. Selanjutnya, uji coba SIREKAP secara nasional, serta peluncuran distribusi logistik.

Sedangkan, berkaitan dengan SIREKAP yang akan digunakan nantinya, telah dipasang dan dilakukan uji coba oleh KPPS di DIY. Aplikasi ini terancang untuk digunakan dalam versi web dan gawai atau mobile.(riz/sam)