Wali Kota Semarang Pastikan Gudang Logistik Pemilu Aman

AKTIVITAS: Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengecek pelaksanaan distribusi logistik pemilu di GOR Manunggal Jati, Kecamatan Pedurungan, Senin (12/2/24). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Menjelang hari pencoblosan, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan bahwa gudang logistik pemilu 2024 sudah terjamin kemanannya. Hal itu ia sampaikan saat melakukan pemeriksaan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Semarang ke gudang logistik Pemilu di GOR Manunggal Jati, Kecamatan Pedurungan.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memastikan keamanan dan keutuhan logistik pemilu terus terjamin, dan pelaksanaan pemilu bisa berjalan lancar. Saya tidak ingin ada kerusakan pada surat dan kotak suara maupun hal-hal yang menghambat jalannya pelaksanaan Pemilu,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng, Senin (12/2/24).

Baca juga:  Rupiah Borobudur Playon 2024 Donasikan Rp 450 Juta untuk Masyarakat

Selain itu, dirinya juga meminta agar tiap-tiap sudut ruangan gudang dicek dan dipastikan tidak ada kebocoran atap. Supaya ketika hujan tidak ada logistik pemilu yang rusak karena terkena air.

“Tak hanya itu, saya juga meminta ada pengamanan prima yang terus dilakukan sampai pelaksanaan inti tahapan pemilu. Skema-skema yang sudah didiskusikan bisa dilaksanakan dengan tanggung jawab. Termasuk pemasangan CCTV,” jelasnya.

Pengamanan logistik, kata Ita, sapaan akrab Hevearita, melibatkan semua elemen. Termasuk Kepolisian Sektor (Polsek) dan Komando Rayon Militer (Koramil).

“Kalau di kelurahan ada Babinsa (Bintara Pembina Desa, Red.), Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Red.), dan Linmas (Perlindungan Masyarakat, Red.). Kemarin teman-teman kecamatan dan kelurahan sudah membagikan tugas untuk pengawalan. Dan diharapkan semua bisa berjalan lancar,” ungkapnya.

Baca juga:  Ade Bhakti dan Iswar Siap Penuhi Panggilan KASN

Ia berpesan kepada Camat dan Lurah untuk memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rawan terjadi bencana. Ita berharap, pelaksanaan pemungutan suara pemilu 2024 di Kota Semarang bisa berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang atas dukungan dalam mewujudkan pelaksanaan pemilu 2024 yang sukses dan berjalan lancar. Ia juga meminta kepada jajarannya untuk intens berkoordinasi dengan pimpinan-pimpinan di wilayahnya masing-masing.

“Karena tujuannya yang memahami situasi di lapangan itu teman-teman kecamatan, termasuk kaitannya dengan pengamanan. Kalau soal gudang logistik kami sangat percaya bahwa pemerintah kota sangat support untuk memastikan semua gudang-gudang logistik di kecamatan maupun kelurahan itu dalam kondisi baik,” pungkasnya. (int/adf)