MTsN 6 Sleman Ajarkan Praktik Ibadah Haji pada Siswa

PAPARKA: Tampak sejumlah siswa saat melakukan presentasi manasik haji, Aula Masjid MTsN 6 Sleman, belum lama ini. (DOK.SEKOLAH/JOGLO JOGJA)

DALAM pelaksanaan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), MTsN 6 Sleman menggelar pendalaman materi terkait manasik haji, yang diikuti seluruh siswa kelas 8 di Aula Masjid MTsN 6 Sleman. Ini dilakukan untuk mengajarkan para siswa melakukan ibadah haji yang sesuai.

Koordinator P5 MTsN 6 Sleman Tika mengatakan, masing-masing kelompok dibersamai pembimbing mempelajari satu per satu rukun dan sunnah haji. Nantinya akan dilakukan beberapa diskusi dengan undian untuk masing-masing kelompok.

“Kelompok yang maju nanti menyajikan sub materi rukun atau sunnah haji dilakukan sesuai undian yang diperolehnya. Di mana siswa akan melaksanakan presentasi dengan persiapan secara berkelompok di hari sebelumnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Obati Kerinduan Masyarakat Lewat Festival Kampung Wisata

Saat ini, ada tiga kelompok yang dijadwalkan menyajikan presentasinya dengan kreativitas masing-masing. Dengan menyampaikan materi ihram dan wukuf, memaparkan materi tawaf dan sa’i, serta menjelaskan rukun tahalul dan tertib.

“Sejak awal memang sudah ditekankan agar mempersiapkan properti untuk presentasi. Supaya tidak monoton hanya menyampaikan materi secara teori,” tambahnya.

Lebih lanjut, selain memaparkan materi secara teori, setiap kelompok memperagakan adegan yang terjadi sesuai rukun haji yang disampaikan. Seperti pemakaian ihram, wukuf, sa’i, thawaf dan tahalul, diperagakan menjadikan presentasi tersaji menarik.

“Sehingga peserta didik akan lebih mantap mempraktikkannya ketika manasik haji nanti. Tak disangka mereka akan sematang ini dalam persiapan properti presentasinya,” pungkasnya.(riz/sam)