Pati  

Surat Suara di Sejumlah TPS di Pati Sempat Kurang

SUASANA: Salah satu TPS di Kecamatan Margoyoso yang sempat kekurangan surat suara, Rabu (14/2/24). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Pemungutan suara di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Pati sempat terkendala. Pasalnya, sejumlah TPS di beberapa kecamatan kekurangan surat suara.

Hal tersebut juga telah dibenarkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, Supriyanto. Pihaknya menyebut setidaknya ada beberapa TPS di empat kecamatan yang terkendala.

Empat kecamatan tersebut yakni Juwana, Margoyoso, Winong dan Tambakromo. Kecamatan-kecamatan itu kekurangan surat suara baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres).

Meskipun demikian, Supriyanto tidak menjelaskan secara rinci jumlah TPS yang mengalami kekurangan tersebut. Pihaknya juga tidak bisa menyebutkan jumlah surat suaranya yang kurang.

Baca juga:  Sedekah Bumi Desa Jrahi, Ribuan Tlandik Habis Diserbu Warga

“Yang kurang ada beberapa TPS dan kecamatan juga. Seperti Kecamatan Juwana, Margoyoso dan Winong,”  sebut dia, Rabu (14/2/24).

Setelah mengetahui adanya kekurangan surat suara itu, KPU Pati langsung bergerak cepat. Pihaknya memerintahkan Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) untuk berkoordinasi dengan PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

Kemudian diputuskan surat suara di TPS yang masih berlebih disalurkan ke TPS yang mengalami kekurangan surat suara. Proses ini pun sudah disaksikan pengawas maupun saksi dari berbagai partai politik.

“Sudah ditangani dengan pergeseran surat suara dengan disertai dengan berita c kejadian khusus dan sudah disaksikan dengan pengawas dan saksi. Semua pengawas sudah tertangani. Sudah terpenuhi semuanya,” klaimnya.

Baca juga:  Meriahnya Karnaval Sedekah Bumi di Karangsari

Adapun penyebab kurangnya surat suara ini, Supriyanto menilai karena kurang telitinya PPS. Pihaknya pun akan mengevaluasi terkait masalah tersebut.

“Itu (kekurangan surat suara) karena kesalahan dari PPS yang memasukkan kurang. Tapi Sudah tertangani,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu PPS di Kecamatan Margoyoso yang tidak mau disebutkan namanya, mengungkapkan bahwa di desanya kekurangan cukup banyak. Yakni 100 surat suara dari berbagai pemilihan.

“Memang ada kekurangan surat suara. Di Desa Sekarjalak ada kekurangan sekitar 100 surat suara. Untuk jumlah TPS sendiri berjumlah 30 TPS,” ucapnya. (lut/fat)