4 TPS di Rembang Lakukan Pemungutan Suara Ulang

SIAPKAN: beberapa petugas KPPS di Rembang sedang siapkan diri untuk melakukan pemilihan suara ulang, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu) Rembang menemukan sejumlah Pemungutan Suara Ulang atau (PSU) sebanyak empat TPS. Kebanyakan kejadian dari Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Ketua Bawaslu Rembang, Totok Suparyanto mengatakan, PSU di Rembang kini telah himpun ada empat kejadian perkara pada 4 TPS. Diantaranya TPS 1 Desa Pandean, TPS 12 dan 16 Desa Plawangan, dan TPS 1 Desa Narukan.

Selamat Idulfitri 2024

“TPS 1 Desa Pandean, Kecamatan Rembang potensi PSU karena beberapa faktor. Pertama, pemilih dari Sragen harusnya dapat 2 surat suara tapi diberi 5. Kedua, pemilih dari Pati harusnya dapat 4 surat suara tapi diberi 5. Ketiga, pemilih dari Kecamatan Pamotan harusnya dapat 4 surat suara tapi diberi 5,” ucap Totok. Jum’at (16/2/2024).

Baca juga:  Satpol PP Rembang Rutin Patroli untuk Jaga Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat dari PGOT

Lanjut dia, pengawas TPS tersebut telah memberikan saran perbaikan kepada KPPS. Sekiranya untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten.

“Selanjutnya ada di TPS 11 Desa Plawangan, Kecamatan Kragan orang berKTP  Ciulengsi tidak terdaftar di DPTb diberi hak pilih Pilpres. Pengawas TPS telah memberikan saran perbaikan kepada KPPS untuk dilakukan Pemungutan Suara Presiden dan Wakil Presiden,” terangnya.

Dia menambahkan, di TPS 16 Desa Plawangan, Kecamatan Kragan orang berKTP Karimunjawa ditemukan tidak terdaftar di DPTb diberi hak pilih Pilpres.

Baca juga:  Swayalan Jadi Momen Peningkatan PAD TRP Kartini

Pengawas TPS telah memberikan saran perbaikan kepada KPPS untuk dilakukan Pemungutan Suara Presiden dan Wakil Presiden.

“Kemudian, di TPS 1 Desa Narukan, Kecamatan Kragan,orang berKTP Banyuwangi tidak terdaftar di DPTb diberi hak pilih Pilpres. Pengawas TPS telah memberikan saran perbaikan kepada KPPS untuk dilakukan Pemungutan Suara Presiden dan Wakil Presiden,” jelasnya kepada Joglo Jateng. (cr3/fat)