Sri Sultan Beberkan Permintaan Mediasi Jokowi dengan Megawati

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

YOGYAKARTA, Joglo Jogja – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengonfirmasi mengenai kabar permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengatur waktu perbincangan dengan Megawati Soekarno Putri. Dengan tegas pihaknya siap bertindak sebagai perantara.

Sri Sultan menegaskan, tidak akan mengambil langkah apa pun tanpa persetujuan lebih lanjut dari Presiden. Maka, pihaknya tetap menunggu keputusan dari Presiden Jokowi.

“Memang benar adanya saya menjadi perantara. Tetapi menunggu keputusan dari presiden. Jadi terserah saja, tinggal menunggu, kalau diperlukan ya bersedia, jika tidak ya tidak apa-apa,” ungkapnya.

Baca juga:  BPS DIY Catatkan Penurunan Ekspor pada April 2024

Menanggapi hal itu, sikap Sri Sultan dalam mengatur pertemuan ini sangat jelas. Segala keputusan dan langkah yang diambil akan sepenuhnya bergantung pada arahan dan persetujuan Presiden Jokowi. Namun, hingga saat ini, belum ada informasi mengenai jadwal atau rencana pertemuan yang diinginkan itu.

“Bukan berarti saya yang ada inisiatif. Tetapi bapak presiden sendiri. Jadi terserah mau ketemu Mbak Mega ya difasilitasi, kalau bisa bertemu sendiri ya syukur,” jelasnya.

Meskipun demikian, Sri Sultan menegaskan kesiapannya ini membantu jika dibutuhkan, sambil tetap menghormati keputusan yang akan diambil oleh presiden. “Tapi kalau saya ya pasif, dimintai tolong dibantu, semisalnya tidak jadi ya tidak apa-apa,” tandasnya.(suf/sam)