Unwahas Siap Cetak Tenaga Kerja Berkualitas

FOTO BERSAMA: Presiden Direktur PT. OS Selnajaya Mr. Satoshi Miyajima, Ketua Umum YWHS Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA beserta jajaran, perwakilan Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, dan Rektor Unwahas Prof. Dr. KH Mudzakkir Ali, MA usai melakukan penandatanganan MoU di Ruang Theater Gedung Fakultas Kedokteran Unwahas, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) melalui Yayasan Wahid Hasyim Semarang (YWHS) bersama PT. OS Selnajaya siap mencetak tenaga kerja yang berkualitas. Hal itu disampaikan Ketua Umum YWHS, Prof Noor Achmad usai menggelar penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) di ruang Theater Gedung Fakultas Kedokteran Unwahas.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Presiden Direktur PT. OS Selnajaya Mr. Satoshi Miyajima, Ketua Umum YWHS Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA beserta jajaran. Kemudian perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, Rektor Unwahas Prof. Dr. KH Mudzakkir Ali, MA, beserta para civitas akademika.

Selamat Idulfitri 2024

Noor Achmad mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan kerja sama internasional untuk memberikan kemajuan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa dan lingkungan. Dirinya juga menyebut bahwa Unwahas siap untuk ambil bagian dalam mendirikan pusat pelatihan bagi tenaga kerja Indonesia yang akan memasuki pasar kerja di Jepang.

Baca juga:  Pemprov Jateng Lolos Nominasi Terbaik Nasional, Berpeluang Raih PPD 2024

“Kami sudah siapkan gedung untuk TC (training center, Red.) yang dilengkapi fasilitas hotel bintang 3. Sehingga kami siap berkontribusi dalam mencetak tenaga kerja Indonesia yang berkualitas,” ucapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Joglo Jateng, Kamis (15/2/24).

Sementara itu, President PT. OS Selnajaya, Satoshi Miyajima menjelaskan, saat ini pihaknya berkantor pusat tepatnya di Kota Tokyo, Jepang. Selain itu, dirinya juga memiliki kantor cabang di 32 negara.

“Kebetulan saya memimpin kantor di Indonesia yang berada di Menara Astra Jl. Jendral Sudirman Jakarta,” katanya.

Baca juga:  Bank Jateng Gandeng Pemprov Jateng Gelar Mudik Asyik 2024

Dalam kerja sama ini, kata Satoshi, pihaknya akan menyiapkan rekrutmen. Sekaligus memberikan pelatihan, dan memberikan penyaluran tenaga kerja yang sudah mengikuti pelatihan selama enam bulan sebelum diberangkatkan ke Jepang.

“Peluang kerja di negara Jepang saat ini terbuka lebar. Sehingga kesempatan bagi pencari kerja termasuk dari mancanegara sangat dinantikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan, kerja sama kedua pihak tersebut bertujuan untuk berkontribusi dalam meningkatkan skill. Yakni melalui program persiapan dan pelatihan kerja ke Jepang.

“Kami akan bersinergi membangun sarana penunjang pelatihan bagi SDM muda dari Semarang dan sekitarnya. Dimana saat ini beberapa program pelatihan untuk para peserta telah tersedia. Misalnya di sektor hospitality (perawat lansia, Red.), perhotelan dan restoran, perikanan, teknik, dan manufaktur,” imbuhnya. (int/adf)