KPU Pemalang Klarifikasi tak Ada Petugas Linmas Meninggal

Ketua KPU Pemalang Agus Setiyanto
Ketua KPU Pemalang Agus Setiyanto. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang memberikan klarifikasi ulang terkait berita meninggalnya linmas karena kecelakaan jatuh dari kendaraan di Kecamatan Ulujami saat sebelum pelaksanaan pemungutan suara adalah disinformasi. Di mana petugas limnas meninggal tersebut meninggal karena sakit sebelum bertugas pada Minggu (11/2), sedangkan yang mengalami kecelakaan merupakan masyarakat umum hasil dari konfirmasi KPU dengan Kapolsek Ulujami.

Ketua KPU Pemalang Agus Setiyanto menjelaskan, pihaknya salah menerima informasi pada pekan lalu tentang kabar limnas meninggal karena tugas. Berdasarkan konfirmasi KPU dengan Kapolsek Ulujami, kejadian kecelakaan di Kecamatan Ulujami memang ada, namun korban bukan limnas, melainkan masyarakat umum.

Baca juga:  Anom Kembalikan Formulir di Gerindra

“Ini saya konfirmasi ulang berita kemarin ternyata ada disinformasi. Jadi limnas meninggal bukan karena kecelakaan, tapi sakit. Itu pun sebelum ditunjuk bertugas oleh PPS setempat, jadi bukan bagian dari petugas keamanan TPS. Kalau berita meninggal kecelakaan itu masyarakat umum informasi dari Kapolsek Ulujami,” ujarnya.

Pembenaran informasi ini menjadi hal baik untuk pelaksanaan pemungutan suara di Pemalang yang dilaksanakan tanpa ada petugas yang meninggal. Walaupun begitu, Agus mengungkapkan tetap ada beberapa petugas KPPS dan limnas yang harus dirawat di rumah sakit serta puskesmas setelah bertugas.

Baca juga:  Bagikan Daging Kurban ke Masyarakat Sekitar Sumber Mata Air

“Kami (KPU Pemalang, red) meminta maaf kepada keluarga dan masyarakat sekitar atas kesalahan informasi kemarin. Ini jadi evaluasi kami untuk Pilkada pada November mendatang agar pelaksanaannya berjalan lebih lancar dan aman,” pungkasnya. (fan/abd)