Tim Forum Anak Kota Semarang Berikan Edukasi Pencegahan OCSEA kepada Siswa

MENYENANGKAN: Pemaparan materi penggunaan internet sehat di era digitalisasi oleh Tim Forum Anak Kota Semarang di SDN Tugurejo 02 Jalan Tapak Raya, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – SDN Tugurejo 02 bersama Tim Forum Anak Kota Semarang mengajarkan siswa untuk menggunakan internet sehat di era digitalisasi. Tujuannya untuk mencegah konten berbahaya seperti online children sexual exploitation and abuse (OCSEA) atau eksploitasi dan kekerasan seksual anak di media daring.

Kepala SDN Tugurejo 02, Nur Rachmat mengatakan, pengenalan ini sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan literasi siswa. Sehingga mereka bisa menyesuaikan perkembangan jaman.

“Berdasarkan kisah dari Bu Shinta (orang tua murid) kelas 1 dan kelas 6 yang sudah lulus mengatakan sangat penting untuk ada mitigasi bagi konten tersebut. Utamanya menurut Bu Shinta di medsos (media sosial, Red.) banyak gambar yang sebenarnya belum pantas dilihat anak,” kata Nur Rachmat saat dihubungi Joglo Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  Panwaslu Kelurahan Harus Miliki Jiwa Berani dan Tegas
FOTO BERSAMA: Para siswa bersama Tim Forum Anak Kota Semarang. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

Ia menjelaskan, konten yang tidak pantas ditonton oleh anak-anak di antaranya konten kekerasan yang sering muncul di beranda, pornografi, berita hoax. Kemudian konten yang menggunakan bahasa kasar.

“Nah pentingnya acara ini ada usaha mitigasi dari dunia anak untuk mengatasi permasalahan tersebut,” jelasnya.

Selama proses pengenalan materi yang diberikan oleh Tim Forum Anak, kata Nur, antusiasme anak-anak luar biasa. Mereka senang karena dapat pengetahuan baru yang bisa diterapkan dalam proses tumbuh kembang anak.

Dirinya berharap, kegiatan semacam ini sering diadakan di lingkup sekolah. Terlebih saat ini perkembangan dunia teknologi berlansung cepat, sehingga pengetahuan dan informasi positif sangat dibutuhkan. (int/adf)