Kudus  

BKPSDM Kudus Usulkan Ratusan Formasi CASN

KHIDMAT: Tampak ratusan pegawai CASN sedang serius dalam mengikuti pelantikan, belum lama ini. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kudus mengusulkan pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. Setidaknya ada 50 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 700 formasi lainnya untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala BKPSDM Kudus, Putut Winarno mengatakan, dari 50 formasi CPNS, diantaranya 30 tenaga teknis dan 20 tenaga kesehatan. Sementara dari 700 formasi PPPK, meliputi 319 tenaga teknis, 281 guru, dan 100 tenaga kesehatan. Pihaknya sudah mengirimkan usulan itu ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Selamat Idulfitri 2024

“Itu hanya sebatas usulan yang dapat diterima dan tidak. Intinya pengusulan itu sesuai apa yang dibutuhkan. Yakni, pengusulan 750 formasi meliputi CPNS 50 dan PPPK 700,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  PLN Kudus Beri Bantuan Bagi Korban Banjir

Meski demikian, dirinya mengaku, formasi CPNS pasti diusulkan setiap tahunnya. Terkhusus pada 2023, usulan formasi belum diterima oleh Pemerintah Pusat. 2024 ini, diusulkan kembali lantaran muncul formasi yang tidak bisa diisi oleh PPPK.

“Untuk jabatan yang khusus CPNS itu tidak bisa dijabat oleh PPPK. Sehingga kami membuka formasi CPNS. Meliputi, peneliti, auditor dan lain sebagainya,” tuturnya.

Menurut Putut, untuk jumlah formasi PPPK diusulkan banyak. Karena diprioritaskan untuk tenaga Non Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia mengira, masih ada kurang lebih 2.723 orang yang terdata sebagai tenaga non ASN di Kota Kretek.

Baca juga:  Nikmati Live Musik Sembari Ngabuburit

“Dengan begitu, di akhir 2024 ini pencanangannya adalah tenaga non ASN bisa tuntas. Salah satunya melalui PPPK tersebut,” pungkasnya. (adm/fat)