Lebihi Target, Pemkab Pemalang Kebut Sub-Pin Polio Putaran II

TETESKAN: Bupati Pemalang Mansur Hidayat berikan tetesan Vaksin Polio pada Pencanangan Sub-Pin Polio serentak se-Jateng di Balai Desa Banjardawa, Senin (19/2/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Setelah berhasil mencapai target pada program Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-Pin) Polio putaran pertama di Januari lalu, Pj Ketua TP PKK Jawa Tengah (Jateng) bersama Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jateng berkesempatan datang untuk membuka Pencanangan Sub-Pin Polio Putaran II di Balai Desa Banjardawa, Senin (19/2/24). Harapannya, kesuksesan di Pemalang bisa menular ke daerah-daerah lain di Jawa Tengah.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, berdasarkan data Dinkes Pemalang, pada putaran pertama Sub-Pin Polio berhasil memberikan vaksin polio sebanyak 157.986 anak atau lebih besar 0,46 persen. Lebih lanjut, dirinya sebagai pemangku kebijakan akan berada di garda terdepan dalam pemberian vaksinasi polio, untuk mendukung program Pemprov Jateng pada penanganan polio.

Selamat Idulfitri 2024

Dalam pencanangan Sub-Pin Polio di Balai Desa Banjardawa ada 500 anak TK, PAUD, dan SD yang datang untuk diberikan vaksin secara gratis dari 19 Februari hingga sepekan ke depan. “Jelas kita sangat mendukung dan mendorong masyarakat untuk ikut langsung dalam gerakan ini, karena pentingnya vaksin polio untuk melindungi anak-anak. Selain itu, ini juga termasuk ke dalam program penanganan stunting. Jangan takut, semuanya gratis dan vaksinnya pun tidak pahit, enak manis,” tegasnya.

Baca juga:  Waspada Peralihan Musim, Jaga Kesehatan di Pemalang!

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Prov. Jateng Shinta Nana Sudjana mengatakan, setelah penemuan satu kasus di Kabupaten Klaten yang masuk ke dalam kejadian luar biasa (KLB), Pemprov Jateng melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng langsung melaksanakan Sub-Pin Polio di seluruh kabupaten/kota se-Jateng. Salah satunya di Kabupaten Pemalang yang telah sukses melaksanakan program tersebut bahkan melebihi target sebesar 100,46 persen.

SINERGI: Pj TP PKK Prov. Jateng Shinta Nana Sudjana bersama Bupati Pemalang Mansur Hidayat kompak mendukung program percepatan Sub-Pin Polio di Pemalang, Senin (19/2/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

“Sub-Pin Polio ini sangat penting untuk anak-anak dari usia 0 hingga 7 tahun, dalam rangka melindungi mereka dari virus polio, setelah kejadian KLB di Kabupaten Klaten. Dan saya lihat, anak-anak di Pemalang sangat antusias mengikutinya. Di putaran kedua, mudah-mudahan lebih banyak yang akan ikut vaksin,” ungkapnya.

Baca juga:  Terbiasa Kumuh dan Becek, Pedagang Pasar Pagi Pemalang Menanti Pembenahan Segera

Menambahkan, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ema Rachmawati yang datang mewakili Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, mengatakan bahwa Pemprov Jateng telah berhasil melebihi target yang ada yaitu 100,5 persen. Harapannya, Pemkab dan Pemkot seluruh Jateng bisa memaksimalkan Sub-Pin Polio di masing-masing wilayahnya, sehingga catatan kasus tidak kembali bertambah.

Dirinya memberikan apresiasi kepada Pemkab Pemalang yang telah melaksanakan pemberian vaksinasi dengan maksimal. Sehingga menjadi salah satu kabupaten terbaik di Jateng dalam penanganan pemberian Sub-Pin Polio, di mana peringkat pertama di duduki oleh Kabupaten Batang dan terendah adalah Kota Semarang.

Baca juga:  Langgar Aturan, 3 Pasangan Tanpa Status Diciduk

“Kabupaten Pemalang sangat luar biasa, dari kerja sama masyarakat, kades PKK, tenaga kesehatan, dinas kesehatan terutama Bupati Pemalang saya ucapkan terima kasih,” terangnya. (fan/abd)