Demak  

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun, Manfaatkan Limbah Minyak Jelantah

FOKUS: Anggota PKK Desa Brambang mengikuti pelatihan pembuatan sabun dengan bahan minyak jelantah yang diselenggarakan mahasiswa KKN MIT Posko 5 UIN Walisongo di Aula Balai Desa Brambang, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Sabtu (17/2/2024). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) Posko 5 UIN Walisongo mengadakan pelatihan pembuatan sabun dengan bahan minyak jelantah.

Kegiatan yang diikuti oleh anggota Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Brambang ini berlangsung di Aula Balai Desa Brambang, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, pada Sabtu (17/2/2024).

Selamat Idulfitri 2024

Koordinator Desa Posko 5, Ali Khasan Al Farishi mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah rumah tangga berupa minyak jelantah.

“Tujuannya agar limbah rumah tangga yang dihasilkan di rumah-rumah bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai lebih. Salah satunya limbah minyak jelantah yang bisa dijadikan sabun,” katanya.

Baca juga:  Dandim 0716 Demak Gelar Acara Kenaikan Pangkat dan Purna Tugas
PENJELASAN: Mahasiswa saat memberikan petunjuk pembuatan sabun dengan bahan minyak jelantah. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

Sementara itu, Koordinator Divisi Ekonomi Kreatif KKN MIT Posko 5 UIN Walisongo, Ahmad Husain mengungkapkan, sabun yang dihasilkan dapat digunakan untuk mencuci tangan, piring, atau baju.

“Minyak jelantah yang sudah bersih setelah diberi arang kemudian dicampur soda api cair dengan perbandingan 5 banding 3. Setelah itu, diaduk selama 20 sampai 30 menit hingga mengental dan diberi pewarna dan pewangi agar lebih menarik,” jelasnya.

Ketua PKK Desa Brambang, Erni Purbowati memberikan apresiasi positif kegiatan ini. Ia berharap agar setelah kegiatan ini para anggota PKK dapat mempraktikkan ilmu dari pelatihan pembuatan sabun.

Baca juga:  Demak Berstatus Tanggap Darurat Bencana Alam

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar dari awal hingga akhir. Terima kasih kepada ibu-ibu yang sudah hadir. Semoga ilmu hari ini bermanfaat dan bisa dipraktikkan nanti di rumah,” ujarnya. (*/adf)