Belbar Pubspeak Tingkatkan Keterampilan Public Speaking Siswa

LATIH: Sisiwa MTsN 9 Sleman saat melaksanakan Belbar Pubspeak di halaman sekolah, belum lama ini. (DOK.SEKOLAH/JOGLO JOGJA)

UNTUK meningkatkan keterampilan public speaking di kalangan siswa, OSIS MTsN 9 Sleman menggelar Belajar Bareng Public Speaking (Belbar Pubspeak). Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja OSIS, yang dikenal sebagai Perosma.

Pembina OSIS MTsN 9 Sleman Dwi Ari Wahyuni mengatakan, konsep ini dirancang sebagai upaya memenuhi kebutuhan siswa mampu berbicara di depan umum, terutama sebagai pembawa acara atau orator di sekolah. Yang dijalankan dengan model belajar bersama-sama bimbingan tutor sebaya.

Selamat Idulfitri 2024

“Sebelumnya kami menunjuk beberapa anggota OSIS periode sebelumnya yang memiliki pengalaman dalam tampil di berbagai acara sekolah. Serta siswa dengan nilai pidato tinggi dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebagai tutor sebaya,” ujarnya.

Baca juga:  Optimistis Padat Pengunjung, Pemkab Sleman Targetkan 450 Ribu Wisatawan

Nantinya akan dilakukan pembagian anggota menjadi lima kelompok dan masing-masing mendapatkan satu tutor pendamping, yang dilakasanakan secara daring maupun tatap muka. Ini berhasil teridentifikasi beberapa siswa memiliki potensi dan bakat dalam public speaking.

“Dengan adanya Belbar Pubspeak ini, mampu menemukan dan mengembangkan bakat-bakat muda dalam bidang Public Speaking. Semoga mereka dapat terus berprestasi dan memberikan kontribusi positif bagi madrasah,” tuturnya.

Lebih lanjut, meskipun menjadi tutor sebaya yang membimbing anggota Perosma ini sangatlah susah dan menguras energi. Namun, mereka tetap merasakan kebahagian bisa berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Baca juga:  DLH Sleman Siagakan Petugas Kebersihan selama Cuti Idulfitri

“Meski tugasnya menjadi tutor sangat susah tapi mereka sukses mengajar. Karena itu pengalaman yang sangat bagus bagi siswa, selain memberikan ilmu dalam Public Speaking, juga bisa saling belajar,” pungkasnya.(riz/sam)