Figur  

Indah Siska Pratiwi: Desainer Purworejo yang Menorehkan Prestasi di Kancah Nasional

Indah Siska Pratiwi
Indah Siska Pratiwi. (DOK.PRIBADI/JOGLO JOGJA)

MENEKUNI dunia desain sedari dini hingga menorehkan karya hingga kancah nasional merupakan impian setiap desainer. Seperti Indah Siska Pratiwi (36), desainer model asal Kabupaten Purworejo ini mencatatkan namanya dalam dunia fashion sejak 2007.

Dara berparas ayu yang kerap disapa Indah ini, awal mula berkarir tertarik pada seni menggambar. Ia mengaku telah mengejar hobi itu hingga memasuki industri fashion, dengan segala keuletan dan pengetahuan yang diperolehnya.

“Memang sudah sedari kecil saya suka menggambar. Tiap ada perlombaan pasti saya ikuti. Dulu waktu SMK pernah membuat desain baju dan dipajang di griya busana sekolah dan Alhamdulillah banyak yang suka,” ungkapnya.

Baca juga:  Sista Aliya: Manajemen Waktu Kunci Sukses Kuliah Cumlaude dan Aktif Berorganisasi

Melalui dedikasi tersebut, wanita kelahiran Oktober 1987 ini melanjutkan pendidikannya di Prodi Tata Busana Universitas Negeri Semarang. Hingga saat ini, berhasil mendirikan butik Aruna di Jalan Ahmad Yani, Kampung Plaosan, Purworejo.

“Melalui butik itu, saya biasanya memproduksi kebaya, dress dan gaun untuk berbagai acara, terutama pernikahan. Dengan harga produk yang bervariasi, mulai Rp 250.000 tergantung tingkat kesulitan desain,” tuturnya.

Namun, seperti banyak desainer lainnya, Indah menghadapi tantangan dalam mendapatkan bahan baku berkualitas, terutama di daerah pedesaan tempatnya berbasis. Meskipun demikian, semangat terus berkaryanya tidak pernah padam.

Baca juga:  Jadikan Ibu sebagai Role Model Gapai Cita-cita

“Ingat sekali sepanjang karir, saya diberi kesempatan merancang gaun bersama Gregorius Vici untuk kontes kecantikan Putri Indonesia. Dulu ketika kuliah juga sempat terpilih menjadi desainer perusahaan besar di Semarang,” paparnya.

Meski dihadapkan pada berbagai rintangan dan tantangan, Indah terus menunjukkan dedikasi tinggi dalam mengembangkan karyanya di dunia fashion. Dengan kualitas dan kreativitas yang dipertahankannya, dia menjadi inspirasi bagi banyak individu yang bercita-cita sukses dalam industri model.(suf/sam)