Figur  

Kisah Inspiratif Lathifatul Asna, Wisudawan Terbaik S2 UIN Walisongo Semarang

Lathifatul Asna
Lathifatul Asna. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

MENJADI wisudawan terbaik adalah impian banyak mahasiswa yang akan menamatkan jenjang studinya. Keinginan itu berhasil diwujudkan Lathifatul Asna, yang menamatkan studi S2 pada 2024 dan dinobatkan sebagai salah satu mahasiswa terbaik.

Ia menyelesaikan studi Ilmu Alquran dan Tafsir di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang dengan perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,93. Tesisnya berjudul Perdebatan Kesarjanaan Muslim Indonesia Terhadap Konsep Wahyu Nasr Hamid Abu Zayd.

Selamat Idulfitri 2024

Asna mengaku bahwa perjalanan kuliahnya tidak mudah. Sebab di samping menempuh pendidikan, ia harus bolak-balik Semarang-Kudus, lantaran masih harus mengajar.

Baca juga:  Banting Setir dari Modelling hingga Raih Prestasi

“Jadi ibaratnya, dalam seminggu ada tujuh hari. Aku harus membagi waktu dengan sebaik mungkin,” ucapnya.

Dara kelahiran Kudus ini menyampaikan bahwa kegigihan dari dalam diri dan tulus doa orang orang tua menjadi kunci keberhasilannya. Predikat mahasiswa terbaik ini pun bukan kali pertama ia dapatkan.

Ketika menempuh pendidikan S1 ia juga mendapatkan predikat mahasiswa terbaik tingkat fakultas. Tepatnya pada 2021. Hal itu cukup menjadi catatan prestasi baginya.

Rajin mengikuti kelas kuliah dan aktif saat berdiskusi menjadi alasan mengapa ia memperoleh predikat terbaik. Hal tersebut juga membuatnya mendapat kemudahan dari dosen pembimbing saat pengajuan tesis.

Baca juga:  Fida'ulmu Fidah: Raih Emas Puitisasi Al-Quran dengan Sajak Indah dari Ayat Suci

Bagi Asna, tekad kuat serta kepercayaan membawa semangat bagi dirinya. Bahwa pendidikan adalah salah satu sarana ikhtiar dalam mengubah jalan hidup. Kendati proses yang dialami cukup terjal, namun dengan tirakat orang tua dan dibarengi usaha seorang anak, maka semuanya dapat berjalan secara seimbang.

“Semua ini gak terlepas dari doa kedua orang tua, tirakat orang tua, tirakat anak juga. Dari sana proses belajar saya lebih enak,” pungkas pemilik akun @lathifaasna itu. (cr4/adf)